Cara Budidaya Ikan Guppy

01-01-1970

ikanwiki.com - Cara budidaya ikan guppy menjadi topik yang kerap dicari para pecinta ikan hias air tawar. Jenis ikan guppy memiliki daya tarik karena warna sirip dan bentuknya yang indah. Ikan guppy juga memiliki potensi bisnis yang luas.

Ikan guppy berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Pertama kali ikan ini ditemukan oleh seorang warga Amerika bernama Robert John Lechmere Guppy. Jadi pasti kamu sudah bisa nebak asal mula nama ikan Guppy dari mana. Ya, nama ikan guppy berasal dari nama penemunya.

Ikan guppy masuk ke Indonesia pertama kali sekitar tahun 1920-an. Ikan imut kecil ini mendapat julukan sebagai Million Fish karena tingkat perkembang biakannya yang tinggi. Termasuk kepada ikan Aquascape atau ikan hias yang mudah untuk dibudidayakan.

Taksonomi Ikan Guppy

Ikan guppy berasal dari Amerika Selatan bagian timur laut, yaitu wilayah perairan air tawar daerah Barbados, Brasil, Jamaika, Antigua dan Barbuda, Trinidad dan Tobago, Guyana, Venezuela, dan Kepulauan Virginia.

Namun saat ini, ikan guppy telah tersebar ke berbagai negara, kecuali Antartika. Hal tersebut didukung oleh kemampuan adaptasinya yang sangat baik, sehingga ikan guppy mampu hidup di kawasan perairan apapun seluruh dunia.

Berikut Klasifikasi Ilmiah ikan guppy:

Kerajaan                           : Animalia

Filum                                 : Chordata

Kelas                                  : Actinopterygii

Ordo                                  : Cyprinodontiformes

Famili                                : Poeciliidae      

Genus                                : Poecilia

Spesies                              : Poecilia Reticulata

Jenis-jenis Ikan Guppy

Berikut adalah beberapa jenis ikan guppy:

1. Ikan Guppy Cobra

Jenis ikan guppy yang pertama adalah ikan guppy cobra. Warna permukaan ikan guppy bercorak seperti ular. Ikan guppy cobra jantan memiliki ciri-ciri ekornya didominasi warna kuning, putih, dan hitam, sedangkan tubuhnya berwarna biru hitam dengan corak persis ular.

Tampilan ikan guppy yang menarik menjadikan harga jenis ikan guppy satu ini, termasuk tinggi, semakin cerah warnanya dan unik coraknya maka semakin mahal harganya, paling murah ikan guppy dibandrol Rp 250.000 per pasang.

2. Ikan Guppy Albino

Termasuk ikan guppy jenis platinum, ciri-ciri ikan guppy satu ini punya mata merah khas albino, buntut ekor sirip serta dayungnya berwarna putih susu, sedangkan tubuhnya berwarna putih susu dengan sedikit aksen silver dan orange muda.

Harga ikan guppy albino  mencapai Rp 50.000  Rp 350.000 untuk per pasangnya. Untuk ikan guppy albino yang berwarna full white lebih mahal lagi, kisaran harganya Rp 400.000 per pasang.

3. Ikan Guppy Japan Blue

Jenis ikan guppy berikutnya adalah guppy Japan Blue. mempunyai warna dominan biru muda seperti warna langit cerah di ekornya dengan perpaduan warna putih yang jarang sehingga seperti gradasi, tubunya berwarna putih kuning.

Ikan Guppy Japan Blue sangat cantik dengan perpaduan warnanya. Ikan asli dari jepang ini , berkembang secara liar dan kini banyak dibudidayakan. Harga ikan guppy Japan Blue sekitar Rp 100.000 – Rp 350.000 per pasang. Ikan guppy Japan Blue merupakan ikan guppy termahal.

4. Ikan Guppy Tuxedo

Ikan guppy Tuxedo memiliki cirri-ciri berwarna gelap setengah badannya, biasanya perpaduan warna hitam dan bitu tua. Memiliki bentuk sirip unik seperti Tuxedo dengan warna putih kekuningan yang kontras. Harga ikan Guppu Tuxedo adalah Rp. 200.000 untuk per pasang ikan.

5. Ikan Guppy Metallic

Jenis ikan guppy yang satu ini memiliki warna kulit bitu tua atau abu-abu metalik, dimana terdapat sisik berwarna putih mengkilat yang jarang. Harga ikan guppy metallic di pasar ikan hias dijual dengan harga mulai dari Rp. 200.00 sepasangnya.

Cara Ternaik Ikan Guppy

Apabila kamu tertarik untuk mengembangkan ikan guppy, kamu perlu mengikuti cara merawat ikan guppy dengan mengikuti tahapan berikut ini:

  • Memilih Induk yang Bagus

Cara budidaya guppy yang pertama adalah memilih induk jantan dan betina yang bagus. Adapun untuk ciri-ciri ikan guppy betina yaitu memiliki badan bulat, warnanya kusam dan cenderung pasif dengan berdiam diri pada dasar atau permukaan akuarium.

Ciri-ciri guppy jantan yaitu memiliki warna cerah dengan bentuk tubuh langsing. Budidaya ikan guppy dengan memilih induk yang unggul berusia minimal 4 bulan. Perhatikan juga bentuk badan ikan guppy, pastikan berbadan mulus. Indicator keberhasilan cara mengawinkan ikan guppy terletak pada ikan jantan.

  • Ternak Ikan Guppy di Ember dan Wadah Lain

Cara ternak ikan guppy selanjutnya dengan mempersiapkan empat wadah berbeda. Seperti akuarium, bak semen, ember plastic, aerator dan tanaman air. Fungsi dari ke empat wadah itu adalah tempat memisahkan indukan, tempat pemijahan, penetasan, dan tempat pendederan.

Luas atau ukuran wadah ternak ikan guppy beragam. Semua tergantung pada situasi dan kebutuhan anakan. Tapi minimal menyiapkan wadah dengan tinggi 30 CM.

  • Pisahkan Indukan dengan Jantan

Sebelum proses pemijahan, sebaiknya memisahkan ikan guppy betina dan ikan guppy jantan dalam wadah yang terpisah. Cara merawat ikan guppy yang satu ini mengharuskan kamu untuk rutin mengganti air dalam wadah selama 1-3 hari sekali.

Kemudian, cara budidaya guppy saat sedang dipisahkan jangan lupa untuk member makanan ikan guppy, sebanyak dua kali sehari. Makanan ikan guppy berupa Daphnia atau Moina.

  • Proses Pemijahan Ikan Guppy

Cara ternak ikan guppy berikutnya adalah proses pemijahan. Proses pemijahan adalah dengan memasukkan ikan guppy betina di pagi hari ke dalam wadah yang sudah diisi air bersih, lalu sore hari masukkan ikan guppy jantan dan lakukan pemijahan selama 4-7 hari.

Cara mengawinkan ikan guppy adalah dengan induk ikan guppy jantan dimasukkan bersamaan dengan ikan guppy betina dengan perbandingan 1:5 dalam 100 liter air bisa menampung 30 ekor induk ikan guppy.

  • Momen Penetasan Benih

Setelah induk ikan guppy dipisahkan, isi air ke dalam wadah penetasan yang dilengkapi dengan aerasi. Lalu tempatkan pelan-pelan supaya tidak mengganggu larva ikan lainnya. Buang sepertiga air setiap hari dang anti dengan air yang baru.

  • Proses Pendederan Ikan Guppy

Cara budidaya ikan guppy supaya tidak mudah mati adalah dengan melakukan proses pendederan yaitu meletakkan dalam ruangan terbuka. Wadah harus terkena unsure sinar matahari untuk membentuk warna-warna indah pada ikan guppy.

Nah itu tadi cara ternak ikan guppy lengkap dengan klasifikasi ilmiah ikan guppy. Apakah kamu tertarik untuk membudidaya sendiri ikan guppy? Jika ingin terjun berbisnis budidaya ikan guppy, jangan lupa untuk mengikuti cara merawat ikan guppy yang sudah kami jelaskan diatas.

Artikel Lainnya