Fakta Ikan Arapaima, Predator Sungai Amazon

19-10-2022

ikanwiki.com - Pernahkah kamu mendengar tentang ikan arapaima? Seperti yang kita ketahui bahwa ikan arapaima adalah salah satu predator yang menghuni sungai Amazon.

Nah, ikan predator yang satu ini ternyata sempat ditemukan di Garut, Jawa Barat, tepatnya saat banjir melanda di tanggal 15 Juli 2022 yang lalu.

Dimana saat itu ditemukan dua ekor ikan arapaima gigas dalam keadaan yang sudah mati dan hal ini sangat menghebohkan masyarakat sekitar.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa ikan arapaima amazon yang hidup di air tawar dan memiliki ukuran yang besar serta tubuh yang ramping.

Ikan arapaima ini dikenal sebagai salah satu ikan sungat yang memiliki kemampuan untuk menghirup udara dalam jumlah yang sangat banyak.

Hal itulah yang menjadi alasan utama mengapa ikan ini masih dapat bertahan dengan baik meskipun dalam air yang dangkal sekalipun.

Nah, kamu wajib tahu nih, ternyata ikan amazon yang satu ini menjadi spesies air tawar dengan ukuran yang paling besar, bahkan beratnya dapat mencapai ratusan kilogram. Sangat menakjubkan bukan?

Tak hanya itu saja sih, masih ada beberapa fakta menarik lainnya seputar ikan arapaima ini, sudah tahu belum? Daripada penasaran yuk simak penjelasan berikut ini.

Fakta Ikan Arapaima

1. Ikan Raksasa

 Mengutip AZ Animals,  ikan Arapaima bisa mencapai 3 meter, bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa panjang maksimalnya adalah 7 meter. Beratnya mencapai 220 kilogram. Namun ikan Arapaima yang banyak ditemukan memiliki panjang  sekitar 1,9 meter dan berat 91 kilogram.

Arapaima memiliki kepala berwarna hijau  tembaga dan tubuh yang agak gelap. Ekornya ditutupi dengan sisik merah. Itulah mengapa disebut juga  Pirarucu atau ikan merah di Brazil.

2. Respirasi

Mengutip AZ Hewan, ikan Arapaima memiliki kantung oksigen untuk menghirup udara. Oleh karena itu, macaw dewasa dapat bertahan di bawah air selama maksimal 20 menit. Ikan arapaima biasanya hidup dekat dengan permukaan air sebelum naik untuk bernafas,

3. Lidah 

Menurut Smithsonian's National Zoo and Conservation Biology Institute, lidah bertulang dan gigi tajam ini menghancurkan mangsa di mulutnya. Arapaima mengendap di bawah mangsanya dan kemudian menelannya di dekat permukaan air.

 Metode penangkapan ikan predator ini menciptakan pusaran  hisap yang memaksa mangsa masuk ke  mulut macaw. Mangsanya diremukkan dengan lidah yang tipis dan deretan gigi yang keras.

4. Cara Memangsa

Mengutip National Geographic, kebiasaan makan ikan Arapaima adalah membuka  mulutnya lebar-lebar untuk menarik makanan (mangkuk atau mangkok besar). Ikan arapaima menghisap mangsanya dari dekat permukaan air.

Arapaima biasanya hidup dari ikan dan juga memakan buah-buahan, biji-bijian dan serangga. Terkadang predator ini menggunakan lompatan pendek  dari permukaan air untuk menangkap burung dan kadal.

Artikel Lainnya