Cara Budidaya Ikan Neon, Mudah Sekali

01-01-1970

ikanwiki.com - Ikan neon  (Paracheirodon Innesi) adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta ikan Aquascape.

Ikan Neon banyak dipelihara karena ukurannya yang relatif kecil dan warna merah biru mencolok membuat ikan ini sangat cocok berada di akuarium.

Ikan neon berasal dari Amerika Selatan tepatnya dikawasan Brazil, Rio Taquari dan lembah sungai Paraguay. Ikan ini dikenal hidup secara berkelompok dan bersifat tenang jika disatukan dengan hias lain dalam satu akuarium.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Neon 

Berikut Klasifikasi Ilmiah Ikan Neon:

Kingdom      : Animalia

Phylum        : Chordata

Class           : Actinoptergyii

Ordo            : Chariciformes

Famili          : Characidae

Genus         : Paracheirodon

Spesies       : Paracheirodon Innesi

Morfologi dan Fisionlogi Ikan Neon 

Morfologi ikan neon memiliki lampu belakang biru di atas perut berwarna perak-putih. Ikan ini ditandai dengan garis warna-warni biru horizontal sepanjang setiap sisi ikan, mulai dari hidung sampai pangkal sirip adipose dan garis merah warna-warni pada tengah tubuh dan meluas ke bagian posterior dasar sirip ekor.

Ikan neon memiliki panjang sekitar 3 cm (1.2 Inc). Dimorfisme seksual yang sedikit, ikan neon betina memiliki perut yang sedikit lebih besar dan garis warna-warni membungkuk dari Stipe lurus.

Perbedaan ikan neon jantan dan betina dilihat melalui bentuk dan warna tubuhnya. Ikan jantan garis berwarna biru tubuhnya lurus horizontal dan lebih ramping. Sedangkan ikan neon betina memiliki garis biru yang sedikit melengkung serta tubuh lebih pendek, perut cenderung besar.

Jenis-Jenis Ikan Neon

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis ikan Neon, akan tetapi hanya ada beberapa jenis yang populer dan biasa dijadikan ikan hias peliharaan. Berikut jenis-jenis ikan neon:

1. Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra adalah salah satu jenis ikan neon yang paling banyak dipelihara para pecinta ikan hias. Karena ikan ini memiliki keindahan tubuh yang sangat luar biasa. Ikan ini memiliki tiga warna yang cukup kontras, warna perak dibagian perut, warna biru dibagian punggung, dan warna merah dibagian ekor.

Bila dilihat pada malam hari, ikan ini seperti lampu neon yang menyala. Pada saat ikan ini istirahat warna akan semakin redup menjadi abu-abu. Harga ikan neon tetra dibandrol di pasar ikan hias rata-rata menjual seharga Rp. 3.000 setiap ekornya.

2. Ikan Cardinal Neon Tetra

Ikan ini memiliki nama latin Paracheirodon Axelrodi. Sekilas ikan ini mirip dengan ikan neon tetra. Perbedaan yang menonjol dari keduanya terlihat pada garis berwarna merah yang dimiliki. Garis merah ikan neon tetra hanya dari ekor dan sirip tengah saja, sedangkan garis merah pada ikan Cardinal tetra penuh dari kepala sampai ekor.

Para pecinta ikan akuarium harus menjaga kebersihan akuarium jika ingin merawat ikan cardinal neon tetra dengan mamasang filter penyaring kotoran. Harga ikan Cardinal neon tetra sekitar Rp. 3.500 setiap ekornya.

3. Ikan Black Neon Tetra

Ikan Black neon tetra memiliki nama latin Hyhessobrycon Herbertaxelrodi. Ikan ini memiliki ciri-ciri fisik yang tidak jauh berbeda dengan kedua ikan neon sebelumnya, yang membedakan hanya warna ikan ini saja.

Warna ikan Black neon tetra adalah polos dengan garis horizontal memanjang dari kepala sampai ekor yang berwarna hitam. Tepat di atas garis hitam terdapat garis berwana putih. Harga ikan black neon tetra sekitar Rp. 1.500. – Rp. 5.000 setiap ekornya.

4. Ikan Diamond Tetra

Jenis ikan neon berikut ini memiliki nama latin Moenkhausia Pittieri yang memiliki ciri fisik berbeda dengan ikan neon lainnya. Habitat asli ikan ini adalah Negara Venezuela, Valencia dan Amerika Selatan.

Ikan Diamond Tetra memiliki tubuh yang melebar dengan warna silver mengkilap ditubuhnya dan memiliki tanda unik berwarna merah di atas pupil. Harga ikan Diamond Tetra sekitar Rp. 6.000 setiap ekornya.

5. Ikan Glowlight Tetra

Ikan Glowlight tetra biasa dikenal dengan nama ikan neon api. Diantara semua jenis ikan neon, ikan Glowlight tetra memiliki harga yang paling mahal. Karena ikan ini tergolong susah untuk dicari. Harga rata-rata ikan Glowlight tetra dipasaran dibandrol Rp. 10.000 per ekornya.

Ikan neon jenis ini memiliki tubuh mengkilap dengan warna kuning kemerahan seperti api yang sedang menyala. Ikan Glowlight tetra akan semakin menarik apabila berada di akuarium yang sedikit terang.

Ikan Glowlight tetra memiliki nama latin Hemigrammus Erythozonus yang berasal dari Guyana. Ikan ini bisa hidup di suhu air mencapai 22 sampai dengan 250 C dengan panjang rata-rata sekitar 3 – 4 cm.

Cara Budidaya Ikan Neon

Budidaya ikan Neon merupakan suatu bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya ikan ini memiliki banyak permintaan di pasar ikan hias. Apalagi untuk budidaya ikan neon tergolong mudah sekali. Kami sudah menyiapkan cara lengkap budidaya ikan neon, berikut ulasannya:

1. Cara budidaya ikan neon yang pertama adalah siapkan akuarium dengan air yang lunak, yaitu pH sekitar 5.0 – 6.0 dengan suhu 250C. Kapasitas air 10 liter untuk sepasang ikan neon dengan kapasitas 20 liter untuk beberapa pasang ikan neon.

2. Siapkan semprotan dengan aliran air kecil di akuarium pemijahan. Jangan lupa untuk menutup supaya ikan tidak bisa melompat keluar dari akuarium.

3. Design akuarium dengan tanaman akuatik yang ditumbuhi dengan lumut supaya ikan betina bisa nyaman bertelur.

4. Tutup dinding akuariym dengan kertas supaya mengurangi cahaya yang masuk ke dalan akuarium.

5. Sebaiknya beri ikan neon makanan hidup sesekali.

6. Proses pemijahan dilakukan pada pagi buta saat ikan neon betina mengeluarkan telur.

7. Setelah ikan betina bertelur, pisahkan kedua induk dari telur-telur tersebut. Karena ikan ini bisa saja memakan telurnya sendiri.

8. Turunkan ketinggian air sampai 7 -10 cm sampai keadaan benar-benar teduh.

9.    Telur ikan sangat sensitive terhadap cahaya, jadi masukkan usahakan akuarium supaya terhindar dari cahaya.

10. Sekitar 4 sampai 5 hari larva akan muncul dari telur dan 3 hari kemudian sudah bisa berenang.

11. Pastikan tidak aka nada lendir dipermukaan air, supaya anakan ikan neon dapat menghirup udara.

12. Tambahkan air secara bertahap dan hindari penggunaan filter apapun karena ikan masih sangat kecil dan rentan mati.

Makanan Ikan Neon 

Ikan neon termasuk kedalam ikan Omnivora (pemakan segala). Dihabitat asli nya ikan neon bisa memakan apa saja seperti serangga kecil, jentik nyamuk, cacing dan kutu air. Ikan neon juga bisa memakan tumbuhan yang terurai seperti lumut di alam liar.

Jika akan memilihara ikan neon, maka makanan yang disukai ikan neon yang berada di akuarium adalah pelet, jentik nyamuk, kutu air dan cacing beku atau cacing merah. Ikan neon diberi makan 2 kali dalam sehari seperti pagi dan sore hari.

FAQ – Seputar Ikan Neon

  • Berapa Umur Ikan Neon?

Umur ikan neon diperkirakan bisa mencapai 8 tahun di alam liar dan sekitar 5 tahun di akuarium. Saat berada di akuarium tergantung dari cara perawatan dan kualitas airnya juga.

  • Apakah ikan neon bisa bertahan hidup tanpa Aerator?

Ya, ikan neon bisa hidup tanpa Aerator. Bagi yang belum tau Aerator adalah alat yang biasa untuk menciptakan gelembung di akuarium.

  • Apa yang menyebabkan ikan neon mudah mati?

ada banyak faktor penyebab kematian ikan neon, tapi hal utama yang sering dijumpai karena kondisi air. Ikan neon tidak bisa hidup dengan kondisi air yang berubah-ubah.

  • Apakah ikan neon bisa disatukan dengan ikan lain di akuarium?

Ya, seperti penjelasan di awal ikan neon tidak bersifat agresif. Jadi ikan ini sangat cocok bila disatukan dengan semua jenis ikan. Yang menjadi hal penting adalah apakah ikan yang disatukan dengan ikan neon bersifat agresif. Maka sebaiknya satukan ikan neon dengan ikan yang tergolong tenang.

Artikel Lainnya