Cara Memelihara Ikan Betutu di Akuarium

01-01-1970

ikanwiki.com - Ikan betutu adalah ikan predator penyergap air tawar asli Indonesia yang memangsa ikan yang terkecoh karena penyamarannya. Pembawaan ikan ini yang suka berdiam diri atau tidak berpindah-pindah ditambah corak tubuh dan warnanya, membuat ikan betutu memiliki keunikan saat berada di akuarium.

Ikan betutu ini sebenarnya sudah mendunia, hanya saja dibeberapa daerah dan Negara memiliki nama yang berbeda. Dalam dunia bisnis ikan betutu dikenal dengan nama ikan gabus malas. Orang Kalimantan menyebutnya Bakukut. Sun Hok sebutan ikan betutu oleh orang Cina. Dunia internasioanl mengenal ikan ini dengan sebutan Marbled Goby atau Sand Goby. Nama lain ikan betutu dibeberapa daerah seperti marble goby, boboso, gabus malas, bloso watu, bobodoh, dan ikan bodoh.

klasifikasi ilmiah ikan betutu 

Kerajaan    : Animalia

Filum        : Chordata

Kelas        : Actinopterygii

Ordo        : Perciformes

Famili        : Eleotridae    

Genus        : Oxyeleotris

Spesies        : O.marmorata

Morfologi Ikan Betutu

Ikan betutu berbentuk agak bulat memanjang, bagian depan silindris yang makin berujung semakin kecil dengan bentuk memipih, bagian punggung cembung dan bagian perut rata. Ikan ini suka berdiam dan mengubur dirinya di dalam lumpur.

Habitat asli ikan betutu ketika berburu ikan adalah tipikal ikan yang pasif, ikan ini akan lebih suka mengubur dirinya dalam lumpur dan menyamar pada bebatuan menunggu ikan kecil yang lewat. Pada malam hari ikan ini cenderung aktif (Nokturnal) mencari mangsa saat kondisi kelaparan.

Jika ikan betutu ini sudah jinak didalam akuarium ikan ini akan cenderung aktif ketika diberi makan dikarenakan ikan ini terbiasa hidup dengan pemeliharaan dalam tank. Ikan betutu memiliki gigi kecil yang sangat tajam. Matanya besar dan menonjol keluar dan dapat digerak-gerakkan.

Tubuh ikan betutu memiliki empat buah sirip yang berjari-jari lunak, sepasang sirip perut yang berdekatan, sirip dubur dan sirip di ekor.

Kehidupan Ikan Betutu

Ikan betutu hidup pada perairan air tawar, seperti sungai-sungai, danau, waduk, dan sawah-sawah. Pada umumnya ikan betutu yang masih kecil akan dimangsa oleh ikan betutu dewasa. Ikan betutu tergolong ikan karnivora yaitu pemakan ikan daging.

Makanan alaminya berupa ikan kecil, anak ikan, anak katak, plankton, zooplankton, zoobenthos dan jenis binatang kecil lainnya.

Ikan betutu tergolong ikan yang terkenal secara berkelompok ditempat yang terlindung disekitar tumbuhan air, batu-batuan maupun substrat kayu. Tempat berlindung ikan betutu juga digunakan untuk tempat menempel kuat tubuh induknya.

Proses Kawin Ikan Betutu

Ikan betutu betina dan ikan betutu jantang yang telah matang kelaminnya tersebut, akan berpijah dengan cara betina akan meletakkan atau menempelkan telurnya pada tumbuhan air, batu-batuan, kayu-kayuan kemudian pada saat yang bersamaan ikan jantan akan menyemprotkan sperma pada telur tersebut.

Telur-telur yang telah dibuahi akan menetas dalam waktu 2-4 hari di suhu 240 – 240C. dalam sekali memijah, satu induk betina akan mengeluarkan telur sebanyak 40.000 butir. Umur ikan betutu matang pada umur 1 tahun.

Budidaya Ikan Betutu

Budidaya ikan betutu tergolong mudah. Apalagi ikan ini juga relative tahan dengan segala cuaca. Yang penting diperhatikan kolam harus selalu bersih karena ikan betutu mudah terserang jamur.
Jika kamu berminat untuk membudidayakn ikan betutu kami akan memberikan cara nya:

  1. Buat akuarium dengan ukuran 7 X 7 meter. Untuk ukuran akuarium itu bisa menampung 2.000 benih ikan betutu.
  2. Beri makan ikan betutu dengan ikan air tawar sejenis ikan pepetek atau ikan teri yang hidup, selain itu ikan betutu juga bisa diberi makan keong mas. 
  3. Ikan betutu hanya makan sekali dalam satu hari. 
  4. Jumlah ikan betutu jantan dan ikan betutu betina harus sama.
  5. Jangan lupa dikolam ikan betutu harus dibuat lubang untuk tempat persembunyian dan tempat betutu kawin.
  6. Lubang dikolom bisa dibuat dengan paralon atau galon bekas.

Panen Ikan Betutu

Ikan betutu bisa dipanen ketika memasuki umur 8-12 bulan dan memiliki berat sebesar 4 ons. Peternak bisa ditempatkan dipenampuan seperti di bak plastik. Air yang ada dikolam disusutkan kemudian kamu bisa mengambil ikan betutu di bak yang sudah disedian.

Harga Ikan Betutu

Peternak ikan betutu membudidayakan sebagai ikan konsumsi. Harga ikan betutu bila di ekspor mencapai 300 ribu per Kg. Peminat ikan ini Negara Malaysia, China dan Singapura. Jika menu ini sudah masuk restoran harganya mencapai 200 ribu untuk satu porsinya.

Ikan betutu tergolong predator yang mempunyai keunikan untuk dipelihara. Karena itu sekarang ikan betutu mulai dilirik para penghobi ikan hias dan sudah diperjual belikan sebagai ikan hias oleh para pedagang. 

Harga ikan betutu di toko ikan hias dibandrol seharga 7.500 untuk ukuran ikan 15 cm. Ikan betutu adalah ikan yang menarik untuk dipelihara sebagai ikan di dasar akuarium, harganya juga sangat terjangkau. Gaya memangsa ikan betutu sangat unik dan asik saat dipandang di dalam akuarium.

Artikel Lainnya