Cara Merawat Ikan Cupang

01-01-1970

ikanwiki.com - Ikan cupang alias ikan adu siam alias ikan laga tergolong ikan air tawar yang beriklim tropis. Ikan yang memiliki nama latin Betta Fish ini habitatnya banyak ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Ikan Cupang hidup berkelompok, habitat aslinya ada di danau, rawa-rawa dan sungai yang memiliki arus tenang. Salah satu ikan cupang yang asli dapat ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur, Indonesia, bernama Betta Channoides.

Ikan cupang merupakan ikan yang cukup kuat bertahan hidup dalam waktu yang lama karena ikan ini memiliki alat pernapasan lain selain insang yaitu labirin. Labirin berfungsi membantu ikan laga mengambil dan menyimpan oksigen yang banyak.

Memiliki karakter bentuk yang unik serta cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya itulah sifat alamiah si ikan laga ini.

Saat ini ikan laga sudah banyak dibudidayakan dan dipelihara, baik sekedar menjadi ikan hias bahkan dijadikan ikan adu. Yang memeliharanya dimulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, dari kalangan yang hanya sekedar suka hingga kalangan kolektor.

JENIS IKAN CUPANG

Umumnya jenis ikan cupang terbagi atas tiga golongan, yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan (untuk diadu) dan ikan cupang liar.

Perkembangan pembudidayaan ikan cupang ini sangat pesat, sehingga semakin banyak yang mengenal jenis ikan cupang ini. Berikut jenis ikan cupang yang sudah sangat terkenal hingga saat ini.

  1. Jenis Ikan Cupang Mouth Breeder, ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut, yaitu:
    • Betta Pugnax (Forest Betta)
    • Betta Teaniata (Banned Betta)
    • Betta Macrostoma (Bruney Beauty)
    • Betta Unimaculata (Golden Slender)
    • Betta Picta (Painted Betta)
    • Betta Anabantoides (Pearly Betta)
    • Betta Edithae (Betta Brederi)
    • Betta Foerschi (Purple Saphire Betta)
  2. Jenis Ikan Cupang  yang Membuat Sarang dengan Busa (Bubble Nest)
    • Betta Akarensis (Sarawak Betta)
    • Betta Coccina (Clorat’s Betta)
    • Betta Bellica (Standard’s Betta)
    • Betta Tesyae (Peaceful Betta)
    • Betta Smaragdina (Emerald Betta)
    • Betta Imbelis (Slugger’s Betta)
    • Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)
  3. Jenis Ikan Cupang yang Lainnya
  • Betta Albimarginata
  • Betta Channoides
  • Betta Balunga
  • Betta Breviobesus
  • Betta Enisae

Ikan Cupang Hias

Ada juga jenis ikan laga yang dijadikan ikan hias. Berikut jenis-jenis dan harga ikan cupang:

  1. Ikan Cupang Giant
  2. Sesuai namanya, ikan ini memiliki ukuran lebih besar dari ikan laga lainnya. Ikan dengan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang breeder dari Thailand ini memiliki ukuran hingga 12 cm.

    Harga ikan cupang Giant ini dimulai dari Rp. 25.000 – Rp. 90.000/ekor.

  3. Ikan Cupang Halfmoon
  4. Ikan yang memiliki penampilan paling cantik dan terlihat anggun ini memiliki nama ikan cupang halfmoon karena bentuk sirip dan ekornya seakan-akan menyatu hampir menyerupai bulan.

    Ikan yang memiliki julukan Big Ear ini merupakan hasil perkawinan breeder asal Amerika Serikat yang dilakukan oleh Peter Goettner. Harga ikan cupang ini Rp. 40.000/ekor, sementara untuk harga indukannya kira-kira Rp. 80.000 – Rp. 100.000/ekor

  5. Ikan Cupang Serit
  6. Cupang Serit atau Ikan cupang Ekor Mahkota (Crowntail) ini mendapatkan namanya karena bentuk ekor yang bila dibalikkan akan berbentuk seperti sebuah mahkota.

    Ikan ini sering di adu di ajang lomba internasional betta. Harga ikan cupang yang satu ini berkisar Rp. 15.000. Untuk indukan kira-kira Rp. 60.000 – Rp. 300.000.

  7. Ikan Cupang Double Tail
  8. Jenis ikan ini memiliki ekor ganda atau bercabang yang sangat cantik. Namun ikan cupang jenis ini sulit untuk dibudidayakan. Hal inilah yang menjadikannya langka.

  9. Ikan Cupang Plakat
  10. Penampilan ikan ini yang sangar, membuatnya menajdi ikan petarung. Tidak sedikit yang ingin memeliharanya karena warna dan siripnya yang memiliki kesan tegas, perpaduan warna yang cerah.

    Untuk harga ikan ini dimulai dengan harga Rp. 200.000 sampai yang paling mahal berkisar Rp. 2juta.

  11. Ikan Cupang Fancy
  12. Banyak yang terpikat dengan kombinasi warna ditubuh ikan ini, sirip dan ekornya. Ikan ini tergolong ikan cupang hias yang istimewa dan pertama kali dipopulerkan oleh peternak ikan di Thailand

    Ikan cupang ini juga memiliki harga yang fantastic seperti ikan cupang Plakat. Harga ikan ini dimulai dengan harga Rp. 100.000 dan untuk indukan, memiliki kisaran harga Rp. 300.000 – Rp. 2juta.

  13. Ikan Cupang Slayer
  14. Hasil perkawinan antara cupang halfmoon dengan cupang serit mendapatkan jenis ikan baru yang dinamai Slayer. Ikan ini menjadi favorit karena warna ekornya yang mempesona.

    Ikan ini banyak tren dikalangan anak sekolah. Harga ikan cupang ini kisaran Rp. 25.000 – Rp. 300.000.

  15. Ikan Cupang Black Samurai
  16. Jenis ikan cupang hias yang terakhir yaitu ikan cupang Black Samurai. Perpaduan warna hitam dengan putih metalik menjadikannya terlihat gahar. Ikan jenis ini juga sering diikutsertakan dalam beberapa kontes komunitas pecinta cupang.

    Untuk harga ikan cupang ini, kira-kira Rp. 90.000 – Rp. 500.000.

CARA MERAWAT IKAN CUPANG

Seperti halnya hewan peliharaan lainnya, ikan cupang juga perlu perawatan agar dapat bertahan hidup dan warna dari tubuh, sirip serta ekornya tetap terawatt keindahannya.

Berikut beberapa cara merawat ikan cupang yang baik dan benar.

  1. Rumah yang Tepat untuk Ikan Cupang
  2. Memilihkan ikan cupang rumah yang tepat tidak akan membuatnya menjadi stress. Ikan cupang memiliki sifat yang agresif terutama dengan sesame jenisnya, oleh karena itu disarankan untuk tidak menyatukan ikan cupang di wadah yang sama.

    Jika ingin merawatnya di akuarium, alangkah baiknya pilihlah akuarium yang berukuran 19 L atau lebih. Hal membuat ikan ini tidak merasa sempit dan memiliki ruang gerak yang luas.

  3. Memeperhatikan Air dan Suhu
  4. Untuk air akuarium dapat diisi dengan air sumur atau air tawar yang memiliki volume air yang ideal, yaitu 40%-60% dari ukuran akuarium.

    Suhu terbaik untuk menjaga kelangsungan hidup cupang adalah 240C – 2700C.

  5. Membersihkan Akuarium
  6. Ikan cupang merupakan ikan yang gampang merasa stress apabila berada dilingkungan air yang baru.

    Cara mengatasinya adalah disaat ingin mengganti/membersihkan air di akuarium jangan membuang semua air yang lama. Sisakan air yang lama agar ikan cupang tidak merasa sedang berada ditempat yang berbeda.

  7. Memberi Ikan Cupang Makan
  8. Ikan cupang selalu mencari makanannya di pagi hari dan siang hari. Makanan ikan cupang berupa cacing darah, jentik nyamuk, pellet, kuning telur dan lain sebagainya.

    Makanan ikan cupang yang ideal adalah cacing darah beku atau yang sudah dikeringkan.

  9. Cara Memindahkan Ikan Cupang yang Aman
  10. Cara memindahkan ikan cupang yang baru dibeli dan dipindahkan ke akuarium sebaiknya membiarkan ikan yang masih didalam kantongan plastic dimasukkan ke dalam akuarium selama 15menit.

    Jika ingin membersihkan akuarium, jangan menggunakan saringan karena dapat merusak siripnya yang halus. Lebih baik menggunakan cangkir, dan pindahkan dengan hati-hati.

  11. Menjemur Ikan Cupang
  12. Karena habitat aslinya yang dari alam selalu terkena sinar matahari, disarankan menjemurnya selama 15 – 30 menit secara rutin. Tujuannya adalah membunuh bakteri-bakteri yang ada didalam akuarium.

  13. Obati dan Jangan Membuat Ikan Cupang Stres
  14. Disaat ikan cupang terlihat lemas, segera berikan obat seperti garam ikan hias, tetes metil biru dan obat tetra chlor.

    Jangan buat ikan cupang merasa stress. Ekosistem yang baik akan membantu perkembangbiakan ikan lag ini. Ciptakanlah ekosistem semirip habitatnya dialam bebas.

Itulah informasi tentang ikan cupang, jenis ikan cupang, makanan ikan cupang, dan cara merawat ikan cupang, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya