Jenis Ikan Aligator Yang Paling Banyak Peminatnya

26-10-2022

ikanwiki.com - Siapa nih diantara kamu yang pernah mendengar tentang ikan aligator? Seperti yang telah kita ketahui bahwa aligator merupakan salah satu ikan predator yang baru-baru ini sangat banyak peminatnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, selain bentunya nya yang beragam dan juga unik, harga ikan aligator juga terbilang sangat bersabahat dengan kantong alias terjangkau.

Walaupun harga ikan aligator ini terbilang ramah dikantong, namun ia tetap masuk kedalam jenis ikan hias yang sangat tanggung dan tak mudah mati.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis ikan aligator, penasaran apa saja? yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Jenis Ikan Aligator

1. Ikan Aligator Gar (Atractosteus Spatula)

Ikan ini merupakan jenis ikan alligator terbesar, ukurannya bisa mencapai 3 meter dan beratnya mencapai 140 kg. Dan merupakan ikan aligator ukuran jumbo yang paling laris, jadi anda juga harus menyiapkan aquarium atau kolam yang cukup besar.

2. Ikan Aligator Platinum (Leucistic)

Ikan aligator jenis platinum ini merupakan jenis  aligator yang paling cantik. Warnanya putih keperakan halus dan mengkilat tanpa bintik-bintik berwarna lain. Dengan warna yang begitu indah, ikan ini terlihat sangat istimewa, apalagi jenis ini termasuk spesies yang langka. Karena ikan ini merupakan spesies abnormal, maka tidak mudah untuk membudidayakannya dan mendapatkan warna ikan yang sempurna.

3. Ikan Aligator Longnose Gar (Lepisosteus Osseus)

Seperti namanya, yatu adalah sejenis ikan berhidung panjang, jenis yang sering ditemukan di perairan Amerika Utara dan Tengah. Meskipun ikan ini memiliki moncong yang panjang dan terlihat menakutkan, ikan predator ini sering dimakan di banyak daerah pedalaman pada zaman dahulu. Dan sekarang, ikan aligator tidak digunakan untuk konsumsi, tetapi hanya sebagai hewan peliharaan dekoratif.

4. Ikan Aligator Shortnose Gar (Lepisosteus Platostomus)

Ikan ini merupakan kebalikan dari  Longnose gar karena  Shornose alligatorfish memiliki moncong yang kecil dan pendek. Ikan ini berasal dari perairan lembah Mississippi dan Smissour Montana hingga pesisir pantai, dari perairan Sungai Ohio timur dan selatan hingga  Gulf Coast. Ikan ini lebih kecil dari aligator lainnya,  hanya  sekitar 60 cm panjangnya. Ikan ini cocok sebagai makanan utama ikan kecil, serangga dan kaktus.

5. Ikan Aligator Spotted Gar (Lepisosteus oculatus)

Ikan aligator ini merupakan ikan yang paling unik di antara jenis lainnya, mengapa  ikan ini memiliki pola yang unik,  warna dasar perak dan  bintik  hitam di seluruh tubuh bagian atas. Konon ikan jenis  ini sudah langka dan cukup sulit untuk dikembangbiakkan akhir-akhir ini, sehingga tidak heran jika harga ikan aligator ini sekarang cukup mahal.

6. Ikan Aligator Florida Gar (Lepisosteus Platyrhincus)

Hampir sama dengan jenis spotted gar di atas, ikan ini juga memiliki warna silver dan dihiasi dengan corak bintik bintik berwarna hitam di seluruh tubuhnya. Hanya saja jenis Florida bintik bintik nya cukup sedikit, namun ukurannya agak besar.

7. Ikan Aligator Tropical Gar (Atractosteus Tropicus)

Tropical gar atau lebih sering disebut dengan nama Ikan Aligator Tropis merupakan ikan yang berasal dari perairan yang membentang dari selatan Mexico hingga ke Costa Rica. Di alam liarnya. ikan ini bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 1,25 meter dan bila dipenangkaran atau dibudidayakan ukurannya tidak sampai segitu.

Perawakan ikan ini sangat mirip dengan ikan Longnose gar yang sudah disebutkan di atas, namun yang menjadi ciri khas pembedanya adalah dari moncongnya yang terlihat lebih lebar dan pendek.

8. Ikan Aligator Cuban Gar (Atractosteus Tristoechus)

Jenis ikan aligator ini pertama kali ditemukan di Kuba bagian barat dan  Isla De La Juventud. Ikan ini merupakan ikan hias air tawar yang hidup di perairan tropis dengan suhu 18-23 derajat Celcius.

 Panjang ikan ini hanya bisa  sekitar 1-2 meter. Di alam liar, ikan ini biasanya hidup di  air tawar, sungai dan rawa-rawa. Dan lagi-lagi sayangnya, ikan aligator ini juga termasuk ikan yang terancam punah. Dan sekarang penangkaran telah dimulai dan kabar baiknya adalah ikan ini  mudah dirawat dan berumur puluhan tahun.

Artikel Lainnya