Ikan Gabus Hias | Jenis dan Harga

01-01-1970

ikanwiki.com - Ikan gabus hias adalah salah satu jenis ikan yang banyak dipilih sebagai salah satu jenis ikan untuk dipelihara. Ikan gabus merupakan jenis ikan predator yang bisa untuk dipelihara karena cara merawat nya juga mudah.

Ikan gabus hias cukup populer di Indonesia karena banyak terdapat di sungai dan rawa-rawa. Memiliki corak yang eksotis membuat para pecinta ikan hias menempatkannya ke dalam akuarium. Tak hanya itu, ikan gabus memberikan banyak manfaat untuk tubuh saat dikonsumsi.

Apa saja sih ikan gabus hias yang populer di Indonesia? Bahkan katanya harga ikan gabus hias mencapai 50 juta loh. Penasaran jenis ikan gabus hias termahal yang ada di Indonesia? Yuk langsung saja kita simak infomasi dibawah ini.

Jenis-jenis Ikan Gabus Hias

Ikan gabus masuk ke dalam Famili Channa. Istilah Channa merujuk kepada nama ilmiah Family Channidae. Ikan gabus memiliki sifat predator atau menyerang seperti ikan cupang. Maka dari itu, biasanya orang menempatkan ikan gabus hias sendiri dalam satu akuarium.

Ikan gabus hias memiliki warna yang unik serta corak yang beragam. Kamu bisa memilihara ikan gabus hias menjadi pilihan untuk memperindah ruangan dirumah. Ukuran ikan gabus hias juga beragam. Berikut jenis-jenis ikan gabus hias yang populer di Indonesia:

1. Jenis Ikan Gabus Hias Micropeltes

Jenis ikan gabus hias yang pertama adalah ikan gabus Micropeltes atau biasa dijuluki sebagai ikan toman. Gabus hias ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 1.3 meter dan memiliki bentuk yang indah seperti loreng-loreng menyerupai harimau.

Harga ikan gabus hias ini relative murah, sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000/ ekornya dan membuat ikan ini memiliki banyak peminat. Saran dari kami jika ingin memelihara jenis ikan gabus hias ini harus menyiapkan ukuran akuarium yang besar.

2. Ikan Gabus Channa Barca

Beberapa waktu lalu, ikan gabus Channa Barca sempar viral di sosial media Twitter karena memiliki harga mencapai puluhan juta rupiah. Ikan channa barca menjadi ikan gabus hias termahal. Untuk kategori High Fin Grade A dengan panjang 44 cm, harga ikan channa Barca dibanderol mencapai 55 juta rupiah.

Keunikan dari ikan habus hias termahal ini adalah memiliki warna abu terang dan motif totol yang berwarna hitam serta memiliki lebar pada bagian sirip punggung. Saat terkena sinar matahari, bagian ekor dan perutnya berubah warna menjadi warna hijau tosca yang cantik.

3. Channa Argus

Jenis ikan gabus sungai berikutnya adalah Channa Argus atau biasa disebut sebagai ikan gabus hias utara. Gabus hias ini memiliki ciri khas bercak hitam pada bagian tubuh dan dapat tumbuh mencapai 1 meter.

Jenis ikan gabus hias ini berasal dari Tiongkok, Rusia, Korea Utara dan Korea Selatan. Habitat asli Ikan Channa Argus berada di Sungai Amur dan Pulau Hainan. Harga ikan channa Argus dibanderol mencapai 50 ribu – 100 ribu rupiah.

4. Ikan Channa Auranti

Ikan gabus laut Channa Auranti mirip dengan ikan Channa Barca. Perbedaannya terletak pada ukuran saja. Gabus hias ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran ikan Channa Barca, yaitu hanya sekitar 40 cm saja.

 Harga channa Auranti relative murah dibandingkan dengan harga ikan hias Channa Barca. Hanya sekitar 100 ribu – 120 ribu rupiah saja.

5. Jenis Ikan Gabus Gachua

Jenis ikan gabus Gachua sering disebut sebagai Dwarf Snakehead karena memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu hanya sekitar 20 cm saja. Namun jangan dianggap sepele, ikan predator hias ini memiliki kemampuan memangsa ikan-ikan kecil.

6. Jenis Ikan Channa Diplogramma

Ikan gabus hias Kalimantan ini mirip dengan jenis ikan gabus Micropletes. Yang membedakannya hanya motif dan warna yang sedikit lebih gelap. Untuk ukuran tubuh ikan ini tidak sebesar Micropletes, yaitu hanya sekitar 48 cm.

7. Jenis Ikan Channa Pleuro

Jenis ikan gabus cantik ini dikombinasi warna biru  muda yang cerah dan bercak hitam dibagian tengah tubuhnya. Ukuran ikan Channa Pleuro dapat dengan mudah ditemukan di pulau sumatera dan Kalimantan. Channa Pleuro juga disebut ikan gabus hias Kalimantan.

Itulah tadi 7 jenis ikan gabus hias yang populer di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang berencana memelihara jenis ikan gabus hias. Terimakasih sudah membaca sampai habis.

Artikel Lainnya