Ikan Koi: Klasifikasi Ilmiah, Jenis dan Cara Merawat

01-01-1970

ikanwiki.com - Ikan koi adalah jenis ikan hias air tawar yang menjadi primadona dikalangan masyarakat. Ikan koi dipercaya membawa keberuntungan kepada setiap orang yang memeliharanya. Selain itu juga karena corak jenis ikan koi yang indah.

Dibalik keindahan aneka corak dan warna ikan koi, ternyata ikan ini menyimpan banyak cerita termasuk fakta bahwa ikan koi awalnya hanya memiliki satu varian warna. Warna yang beragam sekarang merupakan hasil dari serangkaian proses yang panjang.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Koi

Ikan koi berasal dari kotakata bahasa Jepang yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia berarti “Ikan Karper” walaupun secara fisik ikan ini berbeda dengan ikan karper yang ada di Indonesia. Berikut klasifikasi ilmiah ikan koi, yaitu:

Kingdom             : Animalia

Filum                   : Chordata

Sub-Filum           : Vertebrata

Super Kelas        : Gnafosfomata

Kelas                   : Esteichthyes

Super Ordo         : Teleostei

Ordo                   : Ostariophysi

Famili                  : Cyprinidae

Genus                 : Cyprinus

Spesies               : Cyprinus Carpio

Habitat Ikan Koi

Ikan koi merupakan ikan hias yang baik beriklim sedang. Ikan ini biasa ditemukan hidup pada wilayah perairan air tawar antara suhu 8 sampai 30 derajat celcius. Kemampuan hidup pada rentang suhu itu, maka tidak heran jika ikan koi bisa hidup mulai di wilayah pantai sampai kawasan pegunungan.

Walaupun ikan koi merupakan ikan asli air tawar, ikan koi juga mampu untuk bertahan hidup diperairan air asin selama kadar gamar tidak begitu tinggi. Ikan hias ini sangat sensitive terhadap perubahasan iklim.

Makanan Ikan Koi

Anakan ikan koi bisa mengonsumsi udang berukuran renik seperti Daphina. Seiring dengan perkembangan tubuhnya, makanan ikan koi mengalami perubahan. Ketika sudah dewasa, ikan ini akan memangsa hewan yang berukuran besar.

Ikan koi tergolong sebagai hewan karnivora yang memakan daging seperti serangga air, jentik nyamuk dan juga spesies lumut yang biasa hidup menempel pada tanaman air dan berperan seperti hewan omnivora.

Jenis-Jenis Ikan Koi

Ada beberapa jenis ikan koi, bahkan diantaranya adalah ikan koi yang memiliki corak dan warna langka. Selain itu, jenis ikan koi dibanderol dengan harga yang fantastis dan menjadi ikan koi termahal di dunia.

1. Goromo

Koi goromo adalah kohaku dengan tepi biru atau hitam sebagai tambahan warna merah. Goromo dibagi menjadi 3 sub jenis, yaitu budo goromo, ai goromo dan sumi goromo.

Ikan koi jenis budo goromo mempunyai ciri-ciri tepi biru diluar skala sehingga menciptakan efek cluster seperti anggur. Ai goromo memiliki tepian bitu pada bagian sisi berwarna merah, sedangkan jenis ikan koi sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisi sehingga memiliki pola yang tidak sepenuhnya hitam. Ikan koi goromo dijual seharga 1.8 juta-an.

2. Ogon

Ikan koi ogon merupakan jenis koi yang berwana kuning keemasan. Jenis ikan ini sangat populer dikalangan kolektor ikan koi. Ikan koi ogon terlagir dari persilangan antara ikan koi berpunggung kuning dan Shiro Fuji.

Awalnya tubuh ikan koi tidak sepenuhnya berwana emas. Pada generasi ke 6 ikan koi menghasilkan ikan koi ogon dengan warna emas yang memukau. Koi ogon umumnya dijual dengan harga sekitar 1.5 juta per ekornya.

3. Kinginrin

Jenis ikan koi Kinginrin ini memiliki tubuh sepeeti ikan emas yang berwarna kuning. Ikan ini merupakan hasil dari perilangan yang memiliki harga jual sekitar dibawah 1 juta untuk satu ekornya.

4. Hariwake

Doitsu hariwake dikenal sebagai jenis koi mewah. Memiliki ciri Tubuhnya berwana putih keperakan seperti mutiara. Pada beberapa bagian terdapat corak kuning yang menyebar, sedangkan siripnya berwarna putih keperakan. Bola mata ikan ini juga berbeda, satu kelopak berwarna putih dan satunya lagi berwana kuning. Ikan koi jenis Hariwake dijual seharga 700 ribu per ekor.

5. Goshiki

Koi jenis Goshiki hampir sama dengan jenis sanke yang memiliki ciri tubuh topi merah diatas warna dasar abu-abu, meski pun jenis sanke cenderung berwarna putih. Sirip koi goshiki berwarna putih dengan punggung terdapat garis pendek berwarna putih susu. Ikan koi goshiki biasa dijual seharga 700 ribu di penjual ikan hias.

6. Tancho

Jenis ikan koi Tancho merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki corak unik seperti bendera Jepang. Ciri khas bagi ikan koi yang satu ini adalah pada bagian kepala terdapat warna merah menyala dan coraknya berbentuk lingkaran. Sedangkan warna lainnya bentuknya putih tulang dan bersih. Jenis Koi Tancho yang masih mudah ditemukan diantaranya Tancho Sanke dan Tancho Showa. Koi Tancho ini dibanderol sekitar Rp700.000 – Rp1 juta per ekornya.

7. Showa

Jenis ikan koi Showa memiliki corak beragam yang dominasi dengan warna corak yang terlihat seperti oranye, putih dan hitam. Karena warnanya yang cantik membuat jenis yang satu ini banyak diburu oleh kolektor ikan koi. Harga ikan koi Showa biasanya dibanderol Rp1 juta – Rp3 juta.

8. Slayer

Ikan koi jenis ini memiliki sirip berbentuk slayer yang indah dan menawan. Tidak heran jika jenis iakn koi satu ini memiliki daya tarik dari bentuk siripnya yang unik. Selain itu corak warnanya ada yang berpadu kuning emas dan hitam ada juga yang polos berwarna putih susu.

Ikan koi jenis ini sangat banyak. Tetapi yang paling digemari adalah ikan koi slayer kumpay dan platinum. Untuk harga ikan koi slayer platinum biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena jenis ikan koi ini jarang sekali ditemukan di pasaran. Harga ikan koi slayer platinum super bisa dijual di toko ikan hias dengan harga Rp5 juta per ekor.

9. Kohaku

Jeni ikan koi Kohaku dikenal sebagai raja dari semua ikan koi karena merupakan varietas pertama ikan koi yang dikembangkan dengan dua warna yaitu putih (shiroji) dan bercak merah. Sebagai pecinta ikan hias koi, sudah sangat familiar dengan jenis yang satu ini. Sehingga jenis ikan koi kohaku memiliki corak yang khas pada ikan koi umumnya. Warna corak yang terlihat adalah warna oranye kemerah-merahan yang berpadu dengan warna putih tulang menyala. Harganya ikan koi Kohaku berkisar di antara Rp500.000 -- Rp1 juta.

10. Ochiba Shigure

Jenis koi ini memiliki corak menarik, yakni ikan koi Ochiba Shigure yang mempunyai warna kuning keemasan. Selain itu, perpaduan warna putih metalnya telihat mengkilap jika dilihat. Jenis ikan koi ini sangat menarik untuk ditempatkan pada akuarium maupun kolam di rumah. Pecinta ikan koi hanya perlu mengeluarkan bujet sekitar Rp200.000 – Rp.300.000.untuk memiliki satu ekor ikan koi. OChiba Shigure.

Cara Merawat Ikan Koi

Memelihara jenis ikan koi memang menjanjikan karena ikan koi akan menawarkan keindahan visual. Bahkan ikan koi pun bisa memiliki harga jual yang fantastis. Sayangnya, ikan koi juga rawan terkena berbagai hama dan penyakit. 

Berikut tata cara merawat ikan koi:

  • Menyediakan Kolam
    Jika belum memiliki kolam, lebih baik kamu membuat kolam dengan ukuran yang sesuai dan ideal untuk budidaya ikan koi.
  • Memilih Indukan Koi
    Setelah menyiapkan kolam, hal penting berikutnya adalah memilih jenis indukan koi yang diinginkan. Setidaknya kamu bisa memilih 10 jenis ikan koi yang dibedakan berdasarkan coraknya. Kami menyarankan jangan terlalu banyak memelihara koi dalam satu kolam yang sama. Sesuaikan jumlah ikan dengan kapasitas kolam.
  • Pisahkan Ikan Koi yang Sakit
    Jika kamu menemui ikan koi yang sakit, segera pisahkan. Penyebaran penyakit di kolam ikan koi cenderung cepat. Jika tidak disingkirkan, dikhawatirkan ikan tersebut justru akan menularkannya ke ikan lain dalam kolam.
  • Memberi Pakan
    Tidak boleh berlebihan dalam memberi pakan karena kolam akan lebih cepat keruh. Dibandingkan memberi makan sekaligus dalam jumlah banyak, luangkan waktu kamu untuk lebih sering memberi pakan dalam jumlah sedikit. Setidaknya 3—5 kali sehari. Cacing sutera, seledri air, dan pakan organik lainnya baik untuk kualitas koi.
  • Menjaga Kualitas Air
    Setiap hari, kamu perlu setidaknya volume air yang diganti harus berkisar 10 persen. Air jangan dikuras habis karena akan membuat koi mati. Kolam atau akuarium juga harus diberi pompa. Tujuannya, membuat arus air dan menjadi filter untuk menyaring kolam.

Nah, bagaimana artikel tentang ikan koi diatas? Sudah kepikiran jenis ikan koi apa yang akan dipelihara? Untuk kamu yang pecinta ikan koi pasti memiliki keinginan untuk mengoleksi semua jenis ikan koi, walaupun ikan ini terkenal mahal tetapi banyak pecinta ikan yang tidak sayang untuk mengeluarkan budget merawat ikan koi. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih sudah membaca sampai habis.

Artikel Lainnya