Ikan Manyung, Ikan Laut Banyak Manfaat

01-01-1970

Ikanwiki.com – Ikan manyun atau ikan jambal roti tergolong ikan laut yang termasuk bangsa ikan berkumis (Siluriformes), Famili Ariidae. Kumisnya sendiri berfungsi sebagai indera peraba karena ikan ini hidup didasar dan perairan keruh.

Ikan manyung habitatnya banyak ditemukan di tiga wilayah tropis, yaitu Atlantik Tengah, Laut Merah, dan Samudra Hindia hingga tersebebar luas juga di Indonesia dan laut di Negara-negara sekitar.

Populasi ikan manyung di Indonesia sangat banyak terseber dipantai terutama di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Arafura.

Ikan manyun terbilang ikan kuliner yang aneh, mengapa? Karena kepala dan badanya menpunya nama yang berbeda. Badannya menjadi ikan Jambal Roti sedangkan kepalanya ikan manyung.

Ikan manyung termasuk kelompok ikan demersal besar. Badan ikan ini panjang, kepal picak (gepeng). Ikan manyung juga memiliki ciri-ciri yang khusus, adanya adipose fin, yaitu sirip tambahan berupa lemak yang terletak di belakang sirip dorsal.

Ikan manyung bisa mencapai ukuran sebesar 250-700 mm dan panjang mencapai 1.500 mm. beratnya sekitar 190-4.500 gram pada panjang 195-580, dan 553-5000 gram dengan panjang 280-600 mm.

Nama ilmiah ikan manyung adalah Ariidae, memiliki klarifikasi sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Filum: Chordataterygii

Kelas: Actinop

Ordo: Siluriformes

Super family:  Ariodea

Family: Ariidae

Jenis ikan manyung

  • Plicofollis crossocheilos
  • Plicofollis argyropleuron
  • Plicofollis nella
  • Sciades sagor
  • Cryptarium truncates
  • Arius maculatus
  • Arius oetik
  • Arius microcephalus
  • Netuma thalassinus
  • Arius caelatus
  • Arius venosus

Manfaat ikan manyung bagi kesehatan:

  1. Mencegah stroke

Penyakit strok sangat bahaya bagi kesehatan tubuh, strok merupakan hasil dari gumpalan dalam arteri otak. Bila otak kita tidak mempunyai pasokan oksegen yang cukup, maka otak tidak berfungsi dengan baik.

        2.Mengatasi kurang gizi

Ternyata nilai gizi dalam ikan manyung tergolong cukup tinggi. Kandungan gizinya yang banyak dapat memberikat kesehatan untuk tubuh manusi dan mencegah dari penyakit seperti, kolestrol dan penyakit jantung.

        3. Mengobati radang kulit

Penyakit radang kulit diakibatkan olek terinfeksi virus atau bakteri. Penyakit ini hanya menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman.  Untuk menghilangkan penyakit radang kulit kalian bisa cara pengobatan tradisional. Jadi kalian harus tertarik dengan manfaat ikan manyung untuk kesehatan.

         4.Menurunkan obesitas

Obesitas merupakan kelebihan berat badan. Orang yang mengalami obesitas akan kurang lincah dalam bergerak dan mudah capek.

Untuk menurunkan obesitas anda perlu makan-makanan yang rendah lemak, dan mudah di cerna. Tapi anda tenang saja, Ikan manyung dapat menjadi solusi dalam menurunkan obesitas.

            5. Meringankan penderita osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis dapat menyerang sendi. Jika terserang penyakit ini, sendi kalian akan terasa nyeri diakibatkan oleh inflamasi ringan yang timbul karena adanya gesekan diantara ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Gejala pada penyakit ini seperti, nyeri pada lutut pada saat naik tangga atau bangun saat jongkok.

Itulah beberapa informasi mengenai ikan manyung, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya