Ikan Molly, Ikan Hias Air Tawar yang Cocok di Aquarium

01-01-1970

ikanwiki.com – Ikan Molly (Poecilia Sphenops) adalah ikan yang cukup populer dikalangan aquarists. Ikan molly lebih dikenal dengan sebutan ikan balon. Ikan ini memiliki ukuran kecil atau mungil, dibagian perut yang sedikit membuncit dan memiliki keindahan saat berada didalam aquarium.

Bagi para pecinta ikan hias, ikan molly menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berada di dalam aquarium dan sangat cocok untuk dijadikan ikan aquascape. Ikan ini dikenal karena perawatannya yang cukup mudah dan ada berbagai pilihan jenis ikan molly.

Meskipun ikan ini mudah dirawat, akan lebih baik untuk mengetahui cara merawat ikan molly. Mengetahui aturan dasar tentang memelihara ikan molly akan membantu pemiliknya merawat ikan molly untuk tumbuh sehat dan berumur panjang.

Ikan hias ini sebenarnya berasal dari Meksiko. Masyarakat disana menjadikan ikan ini sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Berhubung ikan ini memiliki bentuk dan warna yang indah, lambat laun ikan ini masuk ke dalam daftar jenis ikan hias.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Molly

Secara umum, ikan Molly terbagi atas 3 kategori. Hal tersebut berdasarkan pada ciri khas sirip bagian atas dan bagian ekor dan juga bentuk tubuh. Ikan molly yang bersirip pendek disebut sebagai Shortfin, yang bersirip panjang Sailfin dan yang bercabang dikenal dengan nama Lyretail.

Berikut klasifikasi Ilmiah ikan molly:
Kingdom          : Animalia
Pylum              : Chordata
Class               : Actinopterygii
Order               : Cypinodotiformes
Family             : Poeciliidae
Genus             : Poecilia
Spesies            : P. Sphenops
Binomial Name : Poecilia Sphenops
Synonims          : Mollienisia sphenops, Poecilia thermalis, Gambusia modesta, Gambusia plumbea, Poecilia chisoyensis, Poecilia dovii, Poecilia spilurus, Poecilia caudata, dll.

Jenis-jenis Ikan Molly

1. Black Sailfin Molly

Jenis ikan molly yang pertama adalah Black Sailfin Molly. Sesuai dengan namanya, ciri khas ikan ini berwarna hitam pekat. Bagian sirip atas yang panjang hampir menyentuh ekor. Bagi pemula, ikan ini sangat cocok untuk dipelihara di aquarium.

Perawatannya juga cukup simple dan mudah. Black Sailfin Molly juga dikenal dengan nama Sailfin Molly Meksiko dan Giant Sailfin Molly. Ikan ini sangat unik, karena mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya. Ikan ini diklaim mampu bertahan hidup di air asin.

Jika ingin memelihara Black Sailfin Molly, harus menyediakan aquarium dengan ukuran yang cukup besar dan tinggi.Ikan molly menjadi ikan hias yang tergolong murah dipasaran. Harga ikan molly ini dibandrol mulai dari Rp. 2.000 – 10.000. Harga ini tergantung dari ukuran ikan Black Sailfin Molly ketika dibeli.

2. Wild Green Sailfin Molly

Ikan hias yang cocok di aquarium yang kedua adalah Wild Green Sailfin Molly. Meskipun dari namanya begitu, warna ikan jenis ini tidak terlalu mencolok. Cenderung memiliki warna kuning dengan variasi motif hijau muda menyala yang memenuhi tubuhnya. 

Keindahan ikan ini juga tidak diragukan lagi, ikan molly jenis ini tegolong lebih mahal dari jenis molly lainnya. Di toko ikan hias, ikan Wild Green Sailfin Molly dihargai mulai dari Rp. 5.000 – 15.000 untuk satu ekornya.

3. Yucatan Molly

Ciri utama dari Yucatan Molly adalah warnanya yang cenderung orange hingga kemerahan. Memiliki sedikit motif dibagian sirip dan ekor yang mirip dengan jenis ikan Wild Green Sailfin Molly. Warna perutnya putih. Ikan jenis ini, untuk ukuran kecil dibandrol Rp. 10.000 – 20.000 untuk satu ekornya.

4. Silver Sailfin Molly

Ikan jenis ini dihasilkan dari perkawanin silang (Hybrid). Silver Sailfin molly masuk kedalam kategori Sailfin. Memiliki warna tubuh yang didominasi dengan warna putih keperakan yang membuat ikan jenis ini tampil elegan di dalam aquarium.

Biasanya si jantan akan memiliki warna dan tampilan yang lebih keren dibandingkan dengan betinanya. Harga terbaru ikan molly jenis ini adalah Rp. 2.500 – 10.000 per ekornya.

5. Dalmation Sailfin Molly

Dalmation Sailfin Molly memiliki 2 varian, yaitu Shortfin dan Sailfin. Ikan jenis ini memiliki ciri khas warnanya yang dominan putih dengan motif bintik-bintik hitam. Ikan ini memiliki corak yang menarik bila berada didalam akuarium. Harga terbaru ikan molly jenis ini adalah Rp. 5.000 – 15.000 per ekornya.

6. Marble Sailfin Molly

Marble Sailfin Molly memiliki corak dan warna yang mirip sekali dengan jenis Dalmation Sailfin Molly. Ikan ini didominasi dengan warna hitam. Sehingga tampak seperti bintik-bintik putih yang ada pada tubuhnya. Harga ikan molly terbaru 2022 jenis ini adalah Rp. 2.000 – 10.000 per ekornya.

7. Chocolate Sailfin Molly

Meskipun nama jenis ikan ini Chocilate Sailfin, namun sebenarnya warna ikan ini tidak terlalu cokelat. Hanya cenderung kecoklatan ungu jika dilihat sekilas. Apabila diamati dengan teliti, warna dan jenis ini cenderung berwarna ungu gelap dipadukan dengan warna orange. Ikan dibandrol seharga Rp. 5.000 – 10.000 per ekornya.

8. Tangerine Sailfin Molly

Tangerine Sailfin Molly tergolong jenis yang langka dan paling banyak diburu. Ikan ini susah didapatkan dipasaran toko ikan hias. Karena perkembangbiakan ikan jenis ini tergolong sulit, sehingga ikan ini memiliki harga yang paling mahal. Ikan ini dibandrol seharga Rp. 50.000 – 100.000 per ekornya.

9. Liberty Molly

Liberty molly memiliki ciri khas dibagian ujung sirip dan ekornya yang berwarna orange kemerahan. Ikan ini mampu tumbuh sampai dengan ukuran 8 cm. yang ingin menempatkan ikan ini di aquarium, sebagiknya mempertimbangkan kembali. Karena jenis ini kerap menggigit sirip atau ekor ikan lain bila disatukan dalam aquarium. Ikan ini dibandrol seharga Rp. 5.000 – 10.000 per ekornya.

10. Broadspotted Molly

Broadspotted Molly berasal dari Meksiko. Daerah asal ikan ini dikenal dengan nama Molly Del Tamesi. Habitat asli ikan ini berada di sungai Tamesi, sehingga jenis ikan ini endemic dikawasan sungai itu. Sayangnya bagi kamu yang ingin memelihara ikan ini harap untuk mengurungkan niat. Karena ikan ini keberadaannya hampir punah.

Cara Memelihara Ikan Molly

Ikan ini tergolong mudah untuk dirawat dan siapa saja bisa merawat jenis ikan ini. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan memelihara ikan molly:

Ukuran Tangki

Karena ukuran ikan molly cenderung kecil, maka ikan ini akan baik-baik saja bila ditempatkan pada akuarium kecil dan sedang. Kebanyakan ikan molly bisa hidup pada aquarium dengan ukuran 38 liter.
Untuk jenis Sailfin molly, membutuhkan ukuran tangki yang lebih besar. Hal ini berguna untuk menghindari ikan molly dari stress. Sebaiknya untuk jenis Sailfin Molly ditempatkan didalam tangki berukuran 113 Liter.

Parameter Air

Habitat ikan molly di alam liar akan berbeda. Ikan air tawar ini memiliki persebaran yang luas. Sebagian besar ikan ini ditemukan di sungai, ikan ini bisa berenang ke perairan payah atau bahkan laut terbuka untuk waktu yang singkat.

Ikan molly secara keseluruhn sangat mudah untuk beradaptasi dan menyukai air hangat dan pH netral. Ikan ini akan baik-baik saja di air tawar murni. Parameter air yang bervariasi berdasarkan spesies. Berikut beberapa dasar yang baik untuk ikan molly :
Suhu air           : 22 – 25 derajat celcius
Tingkat pH       : 7.5 sampai 8.5
Kesadahan Air : 20 sampai 30 KH

Pencahayaan dan Filtrasi

Ikan molly akan baik-baik saja dengan pencahayaan yang standard. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah sistem penyaringan yang kuat karena ikan molly menghasilkan limbah yang besar.

Sekelompok kecil dapat dengan mudah meningkatkan kadar ammonia dan nitrat ke tingkat yang tidak sehat. Sebaiknya pilih filter yang dapat menampung banyak media, seperti filter Spons internal dan eksternal.

Makanan 

Makanan ikan molly adalah makanan nabati. Meskipun ikan ini dianggap tidak menyukai alga, tetapi beberapa ikan molly memakannya. Ikan ini menyukai jenis sayuran pucat seperti selada, bayam, dan Zucchini.

Camilan protein tinggi sesekali boleh diberikan kepada ikan molly. Molly akan menyantap cacing darah hidup atau beku, daphnia dan udang air asin. Hal ini akan bermanfaat sebagai nutrisi. Makanan hidup memberikan stimulasi yang sangat dibutuhkan selama waktu makan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang ikan molly, jenis ikan molly, harga ikan molly, cara merawat ikan molly dan makanan yang baik untuk ikan molly. Bagaimana kira-kira? Apakah tertarik untuk memelihara ikan ini? Apabila tertarik untuk memelihara ikan ini, ikan ini tergolong mudah untuk dirawat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Artikel Lainnya