Ikan Oscar, Predator Cantik yang Paling Banyak Dicari

01-01-1970

ikanwiki.com – Ikan Oscar adalah salah satu jenis ikan predator yang memiliki corak yang cantik dan banyak dipelihara. Ikan Oscar banyak hidup di sungai Amazon. Ikan ini banyak memangsa kepiting, udang dan ikan-ikan kecil untuk bertahan hidup.

Meskipun kategori sebagai hewan predator, ikan ini sangat istimewa di mata kolektor ikan hias. Ikan Oscar memiliki bentuk tubuh, corak dan warna yang memikat. Ikan Oscar termasuk ke dalam ikan cichlid, oleh karena itu ikan ini termasuk ke dalam Family cichlidae.

Ikan cichlid ini berasal dari dua wilayah, Afrika dan Amerika Selatan. Ikan Oscar yang berasal dari Amerika Selatan akan menjadi ikan tropis. Habitat asli yang berasal dari sungai Amazon, ikan ini akan memiliki warna kecoklatan.

Klasifikasi ilmiah ikan Oscar

Kingdom     : Animalia
Filum        : Chordata
Kelas        : Actinopterygii
Ordo        : Cichliformes
Family        : Cichlidae
Genus        : Astronotus
Spesies        : A. ocellatus

Mengenal Jenis-Jenis dan Karakteristik Ikan Oscar yang Bisa Dipelihara

Ada beberapa jenis ikan Oscar beserta karakteristik yang menarik dan bisa kamu pelihara di rumah sebagai salah satu ikan hias di akuarium rumah.

Kamu bisa memilih salah satu diantara beberapa ikan Oscar ini untuk menjadi penghuni di akuarium rumahmu. Berikut rekomendasi kami.

1. Tiger Oscar

Tiger Oscar merupakan salah satu variasi ikan yang sangat populer karena memiliki corak menyerupai harimau. Pola ikan ini memiliki corak yang berada di dekat ekor, dan menutupi seluruh tubuhnya.

corak mirip harimau ini memiliki tekstur oranye dan hitam pada garis tubuh ikan dengan bentuk menyerupai kolase. Umunya ikan tiger Oscar ini memiliki ukuran mencapai 30 sampai 40 cm.

2. Super Red Chilli Oscar

Seper Red Chilli Oscar sama seperti ikan arwana. Karakter Oscar berwarna merah dan tergolong melegenda dengan warna yang indah. Karakter Red Oscar memiliki dua paduan warna, antara warna hitam sebagai warna gradasi dan warna merah sebagai aksen utama. Warna merah dan hitam tersebut sangat padu dan menghasilkan inspirasi yang menarik pada akuarium rumah.

3. Albino Oscar

Oscar albino memiliki tekstur seperti manusia yang berkulit albino, yaitu putih pucat kemerah-merahan seperti bentuk corak ikan mas. Karakter albino disebabkan karena adanya corak kisi-kisi merah dominan pada sisi tubuh dengan siripnya.

Harga untuk ikan albino Oscar ini juga tergolong mahal bila dibandingkan dengan jenis ikan Oscar yang lain, sehingga spesies ikan ini terlihat paling menarik untuk dipelihara. Walaupun ikan ini berharga mahal, bagi para pecinta ikan di akuarium, ikan ini tetap diburu untuk menjadi salah satu koleksi.

4. Blue Oscar

Untuk para kolektor ikan akuarium yang menyukai corak unik, maka Blue Oscar bisa menjadi pilihan jenis ikan Oscar yang tampak indah dan menarik. Pola ikan ini memiliki tekstur biru dan persilangan merah yang gelap namun terlihat sangat menonjol.

Karakter biru yang sangat estetis pada Oscar ini terlihat dari sisi cahaya redup di dalam akuarium rumah.

5. Black Oscar

Ikan ini memiliki karakter yang simpel namun menarik. Black Oscar merupakan salah satu jenis ikan berkulit gelap yang sangat unik dan indah. Oscar hitam memiliki tekstur yang pekat dengan penambahan aksen abu maupun jingga yang menyerupai Oscar macan. Ketika dalam cahaya redup, ikan black Oscar akan memberikan aksen warna oranye.

6. White Oscar

Ikan white Oscar menyerupai corak Oscar albino. White Oscar cenderung mempunyai tekstur putih murni seperti ikan koi putih. Karakter warna putih tersebut yang pucat akan menyatu dengan baik mulai dari sisi ekor sampai ke sisi depan ikan yang terlihat menarik.

Untuk menimbulkan kesan yang menarik, ikan Oscar putih bisa disimpan pada akuarium dengan paduan lampu akuarium yang estetis.

7. Florida Oscar

Florida Oscar merupakan salah satu jenis varietas turunan dari Oscar hitam dan Oscar tiger yang sangat persis. Walaupun dalam satu varietas yang sama, ikan Florida Oscar cenderung mempunyai tekstur yang mudah dikenali, mengingat karakter warna yang lebih muda dan lembut.

Perlu kamu ketahui, bahwa Florida Oscar mempunyai alam yang sedikit berbeda dibandingkan Oscar tiger dan Oscar hitam, mengingat ikan ini mampu hidup di alam liar yang dipengaruhi oleh kualitas makanan.

8. Green Oscar

Ikan green Oscar sangat unik, akan tetapi ada unsur mistis. Secara keseluruhan ikan ini memiliki karakteristik seperti tiger Oscar namun tekstur hijau lumut tetap sangat unik. Padu padan warna green Oscar terdiri atas tiga jenis, yaitu hijau, kuning dan hitam terlihat sangat menarik dalam kondisi yang gelap.

9. Veil Tail Oscar

Veil Tail Oscar merupakan salah satu jenis ikan Oscar yang berbeda dengan jenis lainnya. Bahkan sekilas terlihat menyerupai ikan cupang yang memiliki ukuran besar. Bahkan tidak hanya menyerupai, ikan ini juga mempunyai tekstur warna putih, hitam maupun kemerah-merahan. Umumnya ekor ikan akan tertutup oleh garis tipis yang membentang dan keindahan ikan terpancar dari sisi ekor.

10. Lemon Oscar

Ikan lemon Oscar juga memiliki corak yang mirip dengan albino Oscar. Tak hanya mirip dengan sesama jenis Oscar, ikan ini juga memiliki karakteristik yang mirip dengan ikan lemon asli atau Neolamprologus leleupi.

Bukan hanya dari karakter, faktor morfologi juga sama, yaitu hampir mirip layaknya ikan predator yang bergerak sangat cepat ketika berada di dalam akuarium.

FAQ – Pertanyaan Umum Tentang Ikan Oscar

Berapa lama ikan Oscar tumbuh besar?

Ikan Oscar tumbuh hingga sekitar 12 inci atau sekitar 30 CM. Ikan Oscar akan tumbuh sepanjang 1 inci (2.5 cm)/ bulan jika ikan ini dirawat dan diberi makan yang baik.

Berapa ukuran akuarium untuk memelihara ikan Oscar?

Ukuran akuarium yang cocok untuk merawat ikan Oscar adalah 208 liter. Walaupun tergolong ikan kecil, ikan ini bisa tumbuh besar mencapai panjang 30 cm dan bertahan hidup mencapai 20 tahun.

Berapa kali sehari ikan Oscar makan?

Ikan Oscar dewasa setidaknya diberi makan 1 X sehari atau 2 X sehari pagi dan sore hari. Untuk ikan Oscar kecil diberi makan 3 X sehari, karena masih dalam tahap pertumbuhan.

Berapa lama ikan Oscar bisa bertahan tanpa makan?

Umumnya ikan ini bisa bertahan hidup tanpa makan selama 3 hari sampai 3 minggu. Itu juga tergantung kepada ukuran ikan Oscar. Jika ikan masih kecil, kemungkinan hanya bertahan kurang dari satu minggu.

Makanan apa yang baik untuk ikan Oscar?

Banyak orang yang salah mengira, karena ikan ini tergolong predator bukan berarti ikan ini hanya bisa memakan ikan kecil dan serangga saja. Ikan ini juga bisa memakan makanan seperti ikan akuarium pada umumnya.

Apakah ikan Oscar bisa makan pelet?

Ya, ikan ini boleh diberi pelet. Tapi harus dipastikan bahwa pelet yang diberi akan memenuhi nutrisi ikan Oscar, pilih pelet yang mengandung banyak protein. Untuk ikan Oscar yang masih kecil, carilah ukuran pelet yang sesuai dengan ukuran mulut agar ikan Oscar kecil bisa memakannya. 

Apakah ikan Oscar boleh diberi jangkrik?

Selain memberi pelet kamu juga boleh memberi jangkrik hidup sebagai makanan ikan Oscar. Pemberian jangkrik hidup akan melatih naluri alami ikan Oscar. Selain itu jangkrik mengandung banyak protein yang memang dibutuhkan ikan Oscar untuk tumbuh. Selain jangkrik, ikan Oscar juga boleh diberi makan seperti cacing, udang dan ikan kecil lainnya. Tapi sebaiknya jangkrik dan yang lainnya sebagai selingan saja, misalkan 2 kali dalam seminggu

Makanan apa yang bagus untuk menjaga warna ikan Oscar?

Salah satu pemikat ikan ini terletak pada corak warna nya. Pilih makanan yang mengandung Astaxanthin yang berguna untuk meningkatkan warna ikan Oscar.  Biasanya sebangsa udang (Krill) banyak mengandung Astaxanthin.

Apakah ikan Oscar bisa memakan tumbuhan?

Ikan Oscar liar juga memakan tumbuhan. Jadi ikan ini juga bisa diberi aneka sayuran seperti timun, kacang polong, wortel dan bayam. Sebelum diberi kepada ikan Oscar, ada baiknya sayur tersebut di rebus terlebih dahulu.

Apakah ikan Oscar menyukai arus?

Karena ikan Oscar memiliki habitat asli di sungai Amazon yang memiliki arus kuat, jadi sebaiknya didalam akuarium ikan ini harus diberi arus yang cukup.

Apakah ikan Oscar bisa hidup di aquascape?

Ikan Oscar bisa ditempatkan didalam aquascape. Namun untuk ukuran akuarium kecil, ikan ini kemungkinan akan merusak aquascape karena kurangnya ruang untuk bergerak.

Penyakit apa yang sering terjadi pada ikan Oscar?

Ikan Oscar bisa terkena penyakit bintik putih, sirip busuk dan jamur putih. Penyebabnya ikan ini berpenyakit karena parasit Flagelata.

Berapa lama ikan Oscar mampu bertahan hidup tanpa oksigen?

Kemungkinan ikan Oscar bisa bertahan dalam hitungan jam tanpa bantuan oksigen.

Apakah ikan Oscar bisa digabung dengan ikan lainnya?

Walaupun ikan ini tergolong agresif dan terirotia. Ikan ini tetap bisa digabung dengan ikan lain, tapi kemungkinan ikan lain akan dimakan.

Artikel Lainnya