Ikan Terbesar di Dunia yang Bikin Takjub

01-01-1970

ikanwiki.com - Ikan terbesar di dunia kerap membuat orang penasaran akan wujudnya. Laut merupakan 70% yang menutupi bumi membuat berbagai biota laut hidup didalamnya. Ikan terbesar di dunia sering dijuluki sebagai monster penguasa lautan membuat kita tidak percaya akan ukuran ikan terbesar di laut.

Melansir dari situs World Atlas, pernah terdapat ikan terbesar di laut dengan berat mencapai 21 ton. Dalam artikel ini kami akan beritahukan apa saja ikan yang termasuk paling besar di dunia. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai habis.

7 Ikan Terbesar di Dunia Nyata

1. Hiu Putih

Hiu Putih merupakan salah satu ikan paling besar di dunia yang masih hidup hingga saat ini. tercatat ukuran ikan hiu putih pernah ditemukan dengan panjang mencapai 6 meter dengan berat mencapai 2.3 ton.

Ikan paling besar di dunia ini tercatat merupakan ikan paling berbahasa di lautan. Karena memiliki 300 gigi runcing dengan ukuran 7.5 cm terbukti gigitan ikan ini sangat berbahaya. Serangan ikan hiu putih tercatat sebanyak 70 kali kepada manusia setiap tahunnya.

2. Paus Orca

Ikan paus terbesar di dunia ini menjadi ikan paus terbesar di dunia sepanjang sejarah. Tercatat ikan paus orca jantan pernah hidup dengan ukuran 9.8 meter dengan berat mencapai 10 ton. Meski paus terbesar di dunia ini kerap menyerang mangsanya, tapi paus Oscar tidak pernah tercatat pernah menyerang manusia.

3. Hiu Paus

Spesies ikan yang juga sekaligus ikan hiu terbesar di dunia adalah ikan hiu paus. Ikan hiu paus ini memiliki corak totol disepanjang tubuhnya. Tercatat ikan paus terbesar di dunia sepanjang sejarah ini pernah tumbuh mencapai 18 meter dan memiliki bobot 21.5 ton.

Namun kita tidak perlu khawatir, karena ikan ini tergolong ramah terhadap keberadaan manusia. Bahkan, para penyelam sering berenang bersama dengan ikan hiu paus ini. Ikan hius paus hanya memakan plankton.

4. Paus Bungkuk

Mamalia penghuni laut ini salah satu ikan paling besar di dunia. Ukuran tubuhnya tercatat lebih besar dari ukuran perahu nelayan. Untuk ukuran paus bungkus betina tercatat memiliki ukuran dengan panjang 19 meter dengan berat mencapai 44 ton.

Baca Juga 10 Ikan Terbesar yang beratnya mencapai puluhan ton

5. Pari Manta Raksasa

Ikan terbesar di dunia selanjutnya adalah pari manta raksasa. Tercatat ikan ini pernah memiliki berat 3 ton dan mempunyai ukuran otak terbesar di antara spesies ikan. Ikan ini bisa kita jumpai di lautan tropis dan subtropis.

Makanan utama dari pari manta raksasa adalah plankton. Ikan terbesar di dunia nyata ini hidup secara individu dan berkoloni dengan spesies laut lainnya. Pari manta raksasa dikategorikan sebagai ikan menuju terancam punah oleh IUCN.

Populasi ikan ini terus berkurang karena tingginya tingkat polusi laut yang menyebabkan siklus kelahirannya rendah. Selain itu insang dari pari manta kerpa di incar sebagai bahan pembuatan kosmetik.

6. Mola-Mola Laut

Mola-mola laut atau biasa disebut sebagai Sunfish mendapat julukan batu gerinda, karena bentuk tubuhnya yang menyerupai batu dengan warna abu-abu, bertekstur kasar dengan bentuk badan yang bulat.

Ukuran mola-mola laut memiliki panjang 10.8 kaki dengan berat sekitar 2.3 ton. Ikan ini tergolong unik, karena mola-mola nyaris tidak memiliki sirip ekor. Biasanya sirip ikan ini berada vertical di atas dan di bawah punggung yang disebut dengan clauvus.

7. Beluga

Beluga atau Sturgeon besar (Huso huso) adalah spesies Sturgeon terbesar dan sebagai salah satu ikan predator terbesar. Ikan terbesar di laut ini mencapai 7 meter dan berat lebih dari 1.5 ton.

Ukuran ikan beluga yang paling besar mencapai 7 meter dengan berat lebih dari 1.5 ton. Ikan beluga kerap di buru oleh manusia untuk diambil telurnya. Telur ikan beguga sangat mahal harganya, sehingga kebedaan spesies ini terancam punah.

Nah , itu tadi ikan terbesar di dunia yang masih ada sampai sekarang. Semoga keberadaan ikan ini masih terjaga sampai selamanya. Sebagaimana kita ketahui bahwa ikan-ikan ini sangat di incar oleh manusia.

Artikel Lainnya