Jenis Ikan Hiu Yang Sangat Ditakuti Oleh Masyarakat

03-06-2022

 

ikanwiki.com - Ikan hiu merupakan salah satu jenis ikan yang sangat ditakuti oleh masyarakat karena dikenal sebagai ikan yang sangat suka memakan daging. Hal ini lah yang membuat ikan ini memiliki sifat dan karakter yang cukup ganas, tak jarang ia juga sering memangsa beberapa penyelam dan juga nelayan yang sedang melaut.

Selain terkenal dengan sifatnya yang sangat suka memangsa, ikan hiu juga memiliki ciri fisik yang sangat menyeram, yakni memiliki ukuran badan yang cukup besar dan memiliki gigi taring yang sangat tajam dan juga banyak.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja sih jenis ikan hiu yang sangat ditakuti oleh masyarakat? Penasaran apa saja? Berikut daftarnya.

Jenis Ikan Hiu Yang Sangat Ditakuti Oleh Masyarakat

1. Hiu goblin

Jenis ikan hiu yang paling ditakuti yang pertama adalah ikan hiu globin. Ikan yang satu ini dikenal dengan tanduk yang berada di dahinya, sehingga menambah kesan yang menyeramkan pada ikan ini.

Selain dikenal dengan tanduk pada dahinya, ikan ini juga memiliki gigi taring yang sangat tajam dan juga dengan jumlah yang sangat tajam.

Ikan hiu ini juga memiliki rahang yang sangat kuat dan juga fleksibel, sehingga memudahkan ia dalam menerkam mangsanya hanya dalam sekali hap saja.

Ikan hiu goblin pada umumnya akan dijumpai pada wilayah perairan yang sangat dalam, sehingga cukup jarang dijumpai oleh manusia.

2. Great White Shark

Jenis ikan hiu yang berikutnya adalah ikan Great White Shark yang konon katanya menjadi ikan pemakan daging yang paling besar di dunia.

Ukuran ikan Great White Shark betina dapat mencapai panjang 6 meter, sedangkan untuk jenis yang jantan hanya dapat mencapai ukuran 4 meter saja.

Biasanya ikan ini akan banyak dijumpai pada wilayah yang ada seluruh perairan samudra, khususnya pada iklim yang cukup hangat dan cenderung tidak terlalu dingin.

Diketahui bahwa jenis ikan hiu yang satu ini memiliki kemampuan khusus berupa sensor elektromagnetik yang bisa mendeteksi mangsa, seperti paus, penyu, ikan, hingga anjing laut.

Namun, walaupun ikan ini memang tergolong kedalam jenis ikan yang suka menyerang dan suka makan daging, ikan Great White Shark tidak terlalu suka menyerang manusai, mereka lebih suka beberapa biota laut yang hidup diperairan laut dalam.

3. Hiu banteng

Jenis ikan hiu yang paling menyeramkan adalah hiu banteng. Ciri fisik ikan hiu ini memiliki ukuran yang cenderung kecil, yakni hanya dapat mencapai ukuran 2-3 meter saja.

Namun jangan salah, jenis ikan hiu banteng sering disebut sebagai jenis ikan hiu yang paling berbahaya di dunia.

Hal ini disebabkan karena ia memiliki sifat yang sangat agresif dan sangat suka menyerang. Selain itu mereka juga hidup diperairan air tawar, seperti sungai.

Mereka juga dikenal sebagai ikan predator yang tidak akan melepaskan mangsanya sebelum berhasil menaklukannya terlebih dahulu.

4. Hiu harimau

Ikan hiu yang paling menyeramkan berikutnya adalah ikan hiu harimun. Jenis ikan hiu ini dikenal sebagai ikan yang sangat senang memburu manusia.

Ikan hiu ini mendapat predikat ikan hiu yang paling berbahaya berikutnya setelah hiu banteng. Iya memiliki ciri fisik tubuh yang cukup besar, yakni dapat mencapai ukuran mencapai lima meter.

Ikan hiu ini memiliki sebuah nama latin, Galeocerdo cuvier dan kerap dijuluki sebagai ikan “pemakan sampah” karena mereka memakan apa saja yang ada di depan matanya.

Tak hanya daging saja, beberapa benda seperti plat besi, plastik, dan segala yang mengapung di air juga akan menjadi santapan jenis ikan hiu yang satu ini.

Namun sangat disayangkan, populasi Great White Shark ternyata mulai terancam karena sangat sering dibunuh untuk mengambil sirip, kulit, daging, hingga hatinya yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

5. Hiu harimau pasir

Jenis ikan hiu yang paling ditakuti berikutnya adalah ikan hiu harimau pasir. Sand tiger shark atau hiu harimau pasir dikenal sebagai jenis ikan hius yang sangat agresif terhadap mangsanya.

Ikan hiu ini memiliki ciri fisik ukuran tubuh yang cukup besar dan memiliki gigi taring yang sangat tajam dan juga banyak.

Ikan ini memang dikenal sebagai  ikan hiu pemangsa, namun pada dasarnya ia akan memangsa manusia jika ia merasa terancam saja.

Ikan hiu harimau pasir mempunyai sebuah kebiasaan yang unik. Ia kan cenderung memunculkan kepalanya kepermukaan air untuk mengambil oksigen yang nantinya akan diteruskan ke pembuluh darah.

6. Hiu martil

Jenis ikan hiu yang paling ditakuti berikutnya adalah hiu martil. Ikan hiu ini dikenal dengan bentuk kepalanya yang menyerupai bentuk martil, sehingga diberi nama hiu martil.

Panjang tubuh ikan hiu martil dapat mencapai panjang 6 meter dan masuk kedalam kategori predator yang memiliki sifat yang sangat agresif.

Selain dikenal dengan sifatnya yang sangat agresif, jenis ikan ini juga cenderung memiliki penglihatan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jenis ikan hiu pada umumnya.

7. Hiu mako

Jenis ikan hiu yang paling ditakuti berikutnya adalah ikan hiu mako. Jenis ikan hiu ini dikenal sebagai ikan yang memiliki kecepatan berenang yang sangat tinggi. Bayangkan saja, kecepatan berenangnya dapat mencapai 68 kilometer per jam.

Ikan hiu mako memiliki ukuran tubuh mencapai panjang 4,5 meter,serta tergolong kedalam hiu yang memiliki sifat yang sangat agresif jika berada disekitar manusia.

Artikel Lainnya