Manfaat Kepiting Untuk Ibu Hamil Beserta Resepnya

18-04-2022

Tahukah kalian? Ternyata kepiting memiliki banyak manfaat lho buat kesehatan tubuh kita.

Awalnya kepiting memang dianggap menjadi salah satu makanan penyebab timbulnya kolesterol pada tubuh.

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Hal itu dibuktikan dengan adanya kandungan gizi seperti mineral, lemak baik, vitamin B, selenium, serta asam lemak omega-3 sangat baik untuk menutrisi tubuh.

Kita semua tahu bahwa kandungan omega-3 dikenal sangat baik dalam membantu tumbuh kembang otak pada anak.

Tidak hanya pada anak, ternyata kepiting juga sangat bagus jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang berada pada fase kehamilan.

Khasiat kepiting buat ibu hamil sangat lah banyak dan beragam. Kandungan didalam hewan laut yang satu ini dikenal dapat membantu tumbuh kembang janin serta menjaga kesehatan sang ibu.

Lantas, apa saja sih manfaat kepiting untuk ibu hamil?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kepiting untuk ibu hamil beserta resepnya.

Manfaat Kepiting Untuk Ibu Hamil Beserta Resepnya

1. Manfaat Kepiting Untuk Ibu Hamil

Mencegah Cacat Lahir

Manfaat kepiting pada ibu hamil yakni dipercaya dapat mengurangi potensi terjadinya cacat pada bayi saat didalam kandungan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan kepiting berupa vitamin B dan juga asam folat yang bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut.

Tidak hanya dapat mencegah kecacatan pada bayi, ternyata zat tersebut juga dapat menghindari potensi keracunan pada ibu ketika sedang mengandung, sehingga akan memperkecil resiko keguguran pada janin.

Menguatkan Daya Tahan Tubuh Ibu

Kegunaan kepiting untuk ibu hamil yang perlu kalian ketahui berikutnya adalah sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil tetap terjaga sehingga tidak mudah diserang penyakit.

Daya tahan tubuh sangat penting dijaga, terlebih pada ibu yang sedang mengandung.

Nah, kandungan omega-3 pada kepiting ternyata dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.

Tidak hanya itu, omega-3 juga dipercaya dapat menurunkan potensi terjadinya pembekuan pada darah serta tekanan darah tinggi yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, maka kalian sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kepiting dan juga diselingi dengan mengkonsumsi buah.

Membantu Perbaikan Jaringan Otak yang Rusak

Manfaat kepiting pada ibu hamil berikutnya adalah dipercaya dapat memperbaiki jaringan otak yang rusak.

Ketika dalam fase kehamilan, hormon pada ibu hamil akan mengalami perubahan sehingga tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan berbagai gangguan, seperti gangguan pada jaringan otak.

Namun, kemungkinan buruk tersebut dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi kepiting. Pasalnya, makanan laut yang satu ini dikenal dengan kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yakni berkisar 800 mikrogram yang dianggap cukup untuk mencegah kerusakan pada jaringan otak.

Selain dapat mengatasi masalah pada otak, kepiting juga bagus untuk membatu tumbung kembang janin, khususnya pada perkembangan otak.

Membentuk Organ dan Jaringan Tubuh

Nah, untuk manfaat kepiting pada ibul hamil yang terakhir yaitu dapat membantu pembentukan organ dan jaringan pada tubuh janin.

Hal ini disebabkan oleh kandungan protein pada kepiting yang cukup tinggi. Bayangkan saja, dalam 100gr daging kepiting terdapat 23 kandungan protein yang tentunya lebih dari cukup dalam pembentukan organ dan jaringan tubuh pada janin.

Tidak hanya itu, kandungan protein pada kepiting juga dipercaya dapat membantu produksi ASI, memberikan energi saat persalinan, hingga meningkatkan imun tubuh sang ibu.

2. Resep Kepiting

Berikut ini merupakan salah satu resep kepiting yang dapat kalian coba dirumah ya.

Kepiting Soka Saus Tiram

Bahan:
- 1 kg kepiting soka
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya
- Bawang putih bubuk secukupnya
- Tepung bumbu basah dan kering
- Minyak goreng

Bahan saus:
- 1 buah bawang bombay, iris
- 5 bawang putih, cincang
- 1 ruas jahe, geprek
- 2 sdm saus tiram
- 2 sdm kecap manis
- 1/2 sdm minyak wijen
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya
- Air
- Maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
1. Bersihkan kepiting soka dan keringkan.
2. Lumuri kepiting soka dengan merica, garam, dan bawang putih bubuk.
3. Panaskan minyak goreng. Celupkan kepiting soka ke dalam adonan tepung bumbu basah, kemudian gulingkan ke dalam adonan tepung bumbu kering. Goreng. Lakukan untuk semua kepiting soka. Sisihkan.
4. Untuk saus, tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan saus tiram, kecap manis, minyak wijen, merica, garam, dan kaldu bubuk. Aduk hingga rata. Tuang air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Masukkan maizena hingga kuah mengental sesuai selera.
5. Hidangkan kepiting soka dengan saus.

Nah, itulah penjelasan kita mengenai manfaat kepiting untuk ibu hamil beserta resepnya. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian ya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya