Mengenal Ikan Tenggiri dengan Sejuta Manfaat

01-01-1970

ikanwiki.com - Ikan tenggiri merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi di Indonesia. Kandungan lemak yang tinggi bagus untuk dijadikan sebagai ikan konsumsi. Tenggiri adalah jenis ikan karnovira dan predator.

Ikan tenggiri masih berkerabat dengan ikan tuna, ikan tongkol, ikan kembung dan kelompok ikan Spanish Mackerel. Di beberapa daerah, ikan ini mempunyai nama yang berbeda-beda. di India, ikan tenggiri disebut dengan ikan anjai, sedangkan di Thailand disebut dengan ikan thuinsi.

Ikan tenggiri hidup di air yang beriklim sedang dan tropis, namun sebagaian besar juga ditemukan pada sepanjang pantai atau laut lepas. Sementara di Indonesia sendiri, ikan ini paling banyak ditemukan di daerah perairan kawasan Gorontalo.

Klasifikasi Ikan Tenggiri

Filum                                 : Chordata

Sub Filum                         : Vertebrata

Kelas                                  : Pisces

Sub Kelas                          : Teleostei

Ordo                                  : Percomorphi

Famili                                : Scombridae

Sub Famili                         : Scombridae

Genus                                : Scomberomorus

Spesies                              : Scomberomorus commerson

Ciri-ciri Ikan Tenggiri

Ciri ciri ikan tenggi adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai tubuh yang panjang
  • Berbentuk torpedo dan perenang cepat
  • Memiliki mulut yang lebar dan ujung runcing, gigi pada rahang gepeng dan tajam
  • Mempunyai dua sirip punggung kedua berjari-jari lunak 14-19 buah
  • Memiliki sirip tambahan (Finlet) 17-18 buah
  • Garis rusuk lurus kemudian membengkok tajam di bawah jari-jari sirip tambahan
  • Memiliki tubuh lunak tidak bersisik
  • Warna punggung kebiru-biruan dan perut berwarna perak

Habitat Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri tergolong ke dalam ikan laut yang menyukai daerah laut dangkal. Bagian-bagian yang lainnya terdapat batu karang (Reef) yang merupakan habitat yang cocok untuk ikan tenggiri. Ikan ini memiliki salinitas rendah dan kekeruhan tinggi.

Ikan tenggiri dapat menetap pada suatu habitat dan terkadang bermigrasi ke tempat yang jauh. Pola migrasi ikan ini sangat khas, tergantung pada temperature air laut dan musim bertelur (Spawning Season).

Bagian yang terdapat batu karang (reef) merupakan habitat yang cocok untuk ikan tenggiri. Ikan ini dapat menetap pada suatu habitat dan terkadang bermigrasi ke tempat yang cukup jauh. Pola migrasi ikan tenggiri sangat khas, karena tergantung kepada temperatur air laut.

Reproduksi Ikan Tenggiri

Proses reproduksi ikan tenggiri tergantung pada suhu, muim pemijahan. Pada perairan Australia, setiap betina memijah sekitas 2 sampai 6 hari terpisah, semua tergantung pada lokalitas. Di Spanyol tenggiri menelurkan dari lereng karang dan tepi untuk membentuk agregasi pemijahan daerah tertentu.

Pemijahan ikan tenggiri terjadi di sekitar perairan pantai yang terlindung seperti di perairan karang. Telur atau pre larva terbawa arus ke dekat garis pantai atau sekitar muara sungai. Seluruh siklus hidup ikan tenggiri berada pada perairan pantai.

Manfaat Ikan Tenggiri

Salah satu produk perikanan laut Indonesia adalah ikan tenggiri. Ikan ini tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesia, terutama wilayah Indonesia Timur. Daging ikan tenggiri yang tebal dan lezat, biasanya olahan ikan tenggiri dijadikan untuk pembuatan pempek dan otak-otak.

Di beberapa Negara, tenggiri menjadi komoditas perikanan laut paling utama karena memiliki nilai komersial tinggi. Jumlah pengkapan ikan tenggiri terbesar pernah tercatat di Indonesia, Filipina, Sri Langka, Yaman dan Pakistan.

Tenggiri biasanya dipasarkan dalam keadaan segar atau beku. Sejumlah Negara maju menyukai ikan tenggiri yang dipasarkan dalam bentuk potongan tipis (Fillet) dan tanpa tulang (Boneless). Beberapa Negara juga mengolah ikan tenggiri untuk dikemas ke dalam kemasan kaleng (Canned).

Nah itu beberapa manfaat ikan tenggiri, habitat dan ciri-ciri. Tenggiri juga memiliki kandungan vitamin yang baik untuk dikonsumsi. Tak heran mengapa ikan tenggiri begitu populer di masyarakat.

Artikel Lainnya