Nemo Si Ikan Badut

01-01-1970

ikanwiki.com – Ikan nemo yang selama ini kita kenal dengan nama ikan badut, tenyata juga memiliki nama lain yaitu ikan Giru. Nama ikan nemo naik daun setelah menjadi karakter utama di sebuah film yang berjudul “Finding Nemo”.

Ikan ini juga sering dijadikan icon game online seperti Metro Hoki Slot Online

Nama ilmiah ikan nemo adalah Amphiprion ocellaris, memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut.

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Family: Pomacentridae
Subfamily: Amphiprioninae

Ikan nemo termasuk ikan karang tropis yang hidup diperairan hangat dengan kedalaman kurang dari 50cm serta berair jernih. Ikan badut tinggal diantara anemone laut.

Ikan badut dan anemone laut saling bersimbiosis mutualisme, dimana anemone laut akan melindungi ikan giru dari pemangsa utamanya karena anemone laut memiliki sengatan yang tidak bisa menyakiti tubuh ikan badut.

Sementara ikan nemo akan membersihkan anemone laut dengan memakan sisa makanan anemone laut. Ikan nemo banyak dijumpai di Samudra Pasifik (Fiji), Laut Marah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma) serta Great Barrier Reef Australia.

Selain hidup di air laut, apakah ikan nemo air tawar ada?

Ikan nemo adalah ikan air asin. Sekalipun ikan ini mampu bertahan hidup di air tawar, namun itu tidak akan bertahan lama karena habitat aslinya yang memang diair laut.

Jika anda ingin menjadikan ikan nemon sebagai ikan akuarium, berilah ikan badut ini air sesuai habitat aslinya. Jadi, tidak ada ikan nemo air tawar.

Ciri-ciri Fisik Ikan Badut

1. Tubuh

Ciri utama yang bisa kita lihat pada ikan nemo ada di tubuhnya. Bentuk tubuh ikan nemo ini bulat dan lebar dengan ukurannya yang kecil, hanya mencapai kira-kira 20cm. Untuk ukuran panjang ikan nemo jantan lebih kecil dibandingkan ukuran ikan nemo betina.

Ciri khas dari ikan ini juga terdapat pada warnanya yang bervariasi yaitu kuning, merah, putih, jingga, dan hitam, serta corak atau motif garis hitam putih.

2. Sirip

Cirri lain dari ikan nemo yakni siripnya. Ada beberapa sirip pada tubuh ikan badut ini, salah satunya yaitu sirip yang berada dipunggungnya. Sirip punggung memiliki 10 sampai 11 buah duri.

Makanan dan Kebiasaan Hidup Ikan Badut

Ikan badut termasuk jenis ikan omnivora, yang memakan crustacean, zooplankton, dan parasit yang melekat pada anemone laut (tempat tinggal ikan nemo) serta alga bentik.

Ikan badut mempunyai kebiasaan menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mencari makanan, bermain dan mencari pasangan untuk wilayah tempat hidupnya.

Jenis ikan Nemo

1. Amphiprion Chagosensis

Ikan nemo jenis Amphiprion Chagosensis memiliki ciri morfologi ukuran tubuh kira-kira 10 sampai 18cm dengan warna dasar tubuhnya jingga, merah, kuning dan merah kehitam-hitaman.

Amphiprion Chagosensis banyak ditemukan di Samudra Hindia dan beberapa diantaranya ada di perairan Indonesia.

2. Amphiprion Polymnus

Amphiprion Polymnus jenis ikan nemo yang juga dikenal dengan istilah clownfish saddleback atau ikan nemo kuning. Dinamakan demikian karena memiliki perpaduan warna putih dan hitam serta mempunyai corak khas yang terdapat dibagian mocongnya yang berwarna kuning sampai kejingga-jinggaan.

Ukuran tubuh ikan ini kira-kira 13cm, serta ukuran betina lebih panjang dibandingkan jantannya. Ikan nemo jenis ini banyak tersebar di perairan Indonesia, yakni Papua Nugini. Ikan badut yang satu ini dapat hidup di kedalaman air sampai 30 meter.

3. Amphiprion Sebae

Jenis ikan yang ketiga adalah Amphiprion Sebae. Dari segi ukuran, ikan ini mempunyai panjang kira-kira 14cm. Warna tubuh ikan ini yaitu hitam atau coklat tua, sedangkan pada siripnya dada dan ekor berwarna kuning.

4. Oranye Clownfish (Amphiprion Percula)

Jenis ikan nemo yang terakhir yaitu Oranye Clownfish, ikan inilah yang paling banyak di gemari orang-orang. Serta ikan ini juga yang sudah banyak dibudidayakan.

Alasan ikan jenis ini banyak dibudidayakan yaitu karena mimiliki gerakan yang aktif dengan warna yang sangat indah.

Sedikit melenceng dari pembahasan utama, dan kembali mengingatkan artikel yang sebelumnya tentang ikan cupang. Ternyata sudah banyak ikan cupang yang dibudidayakan yang memiliki corak seperti ikan nemo.

Ikan cupang nemo, ikan cupang nemo galaxy, juga memiliki keindahan warna serta corak yang tidak kalah indah dengan ikan nemo yang asli. Karena kemiripan coraknya itu, ikan-ikan cupang itupun dijuluki ikan cupang nemo dan ikan cupang nemo galaxy.

Artikel Lainnya